Search

Menjalin Hubungan Baik Pelanggan Lewat Media Sosial

Majalahaula.id – Pernah dengar istilah ‘Pelanggan adalah Raja’? Sebagai penyedia layanan, kamu harus bisa memberikan yang terbaik agar pelanggan atau calon pelanggan tidak kabur. Di sinilah peran krusial customer service. Berikut ini tujuh cara yang bisa dilakukan oleh customer service sebuah perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan khususnya lewat media sosial.

1. Respon tanggapan yang diberikan pelanggan

Ketika ada pelanggan yang memberikan pertanyaan atau komentar melalui media sosial bisnismu, jangan acuhkan dan berikan respon yang baik. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu peduli dan menaruh perhatian pada pelanggan. Hal ini juga dapat mendorong pelanggan untuk kembali meninggalkan tanggapan terhadap bisnismu melalui media sosial yang dimiliki.

Baca Juga:  Pentingnya Etika dalam Bermedia Sosial

2. Bagikan konten pelanggan

Kamu dapat membuat pelanggan merasa memiliki kedekatan personal dengan bisnismu, melalui pengunggahan konten mereka di akun media sosial bisnismu. Kamu dapat memilih konten-konten milik pelanggan yang sesuai dan menarik untuk diunggah kembali atau di-repost di akun media sosial bisnismu. Selain menjalin hubungan baik, cara ini juga dapat membantumu meningkatkan brand awareness dan engagement akun media sosial melalui konten yang diunggah.

3. Buat konten yang informatif dan menghibur

Jika kamu ingin membuat konten yang berkualitas tetapi, tidak kaku dan tetap dapat menarik perhatian pelanggan, maka kamu perlu memerhatikan desain yang digunakan dalam mengunggah konten.

Sebagai contoh kamu ingin menunjukkan keunggulan dari produk yang kamu tawarkan, cobalah untuk mengemas konten dengan mengikuti tren-tren yang sedang ramai.
Kamu juga dapat menyesuaikan konten dengan karakteristik audiens yang dituju, agar lebih ‘ngena’ bagi audiens.

Baca Juga:  UMKM Kini Punya Wadah Sharing Goals

4. Buat challenge khusus

Cobalah untuk menjaga hubungan dengan audiens dalam jangka panjang, salah satunya dengan melibatkan langsung mereka dalam konten yang diunggah di media sosial. Dengan mengadakan challenge khusus, kamu dapat menarik audiens untuk terlibat dengan bisnis yang kamu jalankan melalui media sosial.
Sebagai contoh, kamu menjual baju-baju wanita dengan desain yang nyentrik dan warna-warna yang terang, maka kamu dapat membuat challenge mix n match outfit untuk nonton konser dengan menggunakan warna-warna yang nyentrik seperti brand yang kamu miliki. Kemudian, beberapa pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah tertentu. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor pendorong, agar mereka tertarik mengikuti challenge yang kamu adakan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA