Search

Ada Skuter dan Kursi Roda untuk Thawaf dan Sa’i

Majalahaula.id – Haji adalah ibadah fisik. Saat umrah misalnya, jamaah harus Thawaf dan Sa’i. Thawaf dilakukan dengan mengitari Kabah sebanyak tujuh kali. Sementara Sa’i, berjalan dari bukit Shafa ke Marwah, bolak balik hingga tujuh kali. Jarak tempuh dari Shafa ke Marwah dihitung satu kali perjalanan.

Namun kini ada layanan sewa skuter dan kursi roda di Masjidil Haram untuk Thawaf dan atau Sa’i. Jamaah yang membutuhkan, bisa memanfaatkan layanan ini saat akan Thawaf dan atau Sa’i.

“Jamaah haji Indonesia yang membutuhkan skuter dan atau kursi roda, bisa memanfaatkan layanan sewa yang ada di Masjidil Haram,” kata Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H, Subhan Cholid, di Makkah, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga:  Apresiasi Kondektur yang Lindungi Penumpang, Erick Thohir: Tindak Tegas Pelaku Pelecehan!

Layanan sewa skuter sepenuhnya dikelola Masjidil Haram. Pengelola Masjidil Haram telah menyediakan jalur khusus bagi jamaah yang akan Thawaf dan Sa’i menggunakan skuter.

Sementara untuk kursi roda, Subhan mengimbau jamaah menggunakan jasa sewa yang resmi. Area Sa’i dengan kursi roda ada di setiap lantai. Pengelola Masjidil Haram juga telah menyiapkan jalur khusus untuk pengguna kursi roda (jalur tengah).

“Petugas resmi ada di dalam Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam khusus,” jelasnya.

Lantas berapa tarif sewa untuk satu orang? Berikut ini daftar harganya berdasarkan hasil penelusuran di Masjidil Haram pada 31 Mei 2023:

A. Tarif Kursi Roda

1. Paket Thawaf dan Sa’i: SR200/orang
2. Thawaf saja: SR100/orang
3. Sa’i saja: SR100/orang

Baca Juga:  Sistem Buka-Tutup hingga Ganjil-Genap Mulai Berlaku 18 April 2023

B. Tarif Skuter 1 Orang

1. Paket Thawaf dan Sa’i: SR115/orang
2. Thawaf saja: SR57,5/orang
3. Sa’i saja: SR57,5/orang

C. Tarif Skuter 2 Orang
1. Paket Thawaf dan Sa’i: SR230
2. Thawaf saja: SR115
3. Sa’i saja: SR115

“Tarif tersebut berlaku untuk di area Thawaf dan Sa’i saja, tidak termasuk layanan dari hotel ke terminal dan terminal ke Masjidil Haram,” tegas Subhan. (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA