Search

Kebakaran Hebat di Ambon Hanguskan 110 Rumah, 1 Orang Tewas

Majalahaula.id – Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan Belakang Kota, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Kebakaran hebat ini menghanguskan ratusan rumah warga dan sejumlah ruko. Bahkan, seorang mahasiswi bernama Sri Umar (21) tewas setelah terjebak di dalam toko tempatnya bekerja saat kebakaran terjadi. Hingga kini peristiwa masih diselidiki oleh aparat kepolisian.

Kejadian itu juga menyebabkan tiga warga lainnya mengalami luka bakar serius dan saat ini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Musibah tersebut juga memaksa ratusan warga yang rumahnya terbakar mengungsi ke kawasan Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

Terkait kasus tersebut tim Inafis dari Polresta Pulau Ambon telah melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut. Olah TKP dilakukan polisi pada Selasa (16/5/2023) siang tadi.

Baca Juga:  Ini Tiga Persiapan PPIH Sambut Jemaah Haji di Makkah

Adapun terkait kebakaran tersebut sejumlah warga yang ditemui mengakui kebakaran tersebut dipicu oleh terbakarnya sebuah mobil Sigra yang saat itu melintas di kawasan itu.

Dani, salah seorang saksi mata, mengaku melihat mobil berwarna merah melintas dari arah SPBU Belakang Kota hendak menuju pusat kota. Namun saat melintas di jalan berbelok tak jauh dari lokasi kebakaran, mobil tersebut tiba-tiba terbakar.

“Kebetulan saya ada di situ saya lihat dengan mata kepala saya mobil itu mulai terbakar saat berbelok di tikungan, itu kejadiannya sekita pukul 20.20 WIT sudah habis isya,” katanya, Selasa (16/5/2023).

Ia mengaku saat itu kaca mobil Sigra dalam keadaan terbuka dan salah satu penumpang terlihat sedang merokok. Saat mobil tersebut terbakar, sopir dan penumpang yang berada di dalamnya berusaha melompat ke luar.

Baca Juga:  Dr. Said Sofwan Dilantik Menjadi Direktur Utama RSI Sultan Agung Semarang

“Mereka melompat dan mobil terus berjalan hingga akhirnya menabrak trotoar di depan toko, jadi mobil berhenti di situ tapi api dari mobil terus membesar,” katanya.

Adapun sopir mobil nahas tersebut diketahui bernama Trisman Pattiselano, warga Urimesing, Kecamatan Sirimau, Ambon. Sedangkan dua penumpang mobil yang ikut terluka diketahui bernama Salmon Siahailatua (35), warga Batu Gaja, Ambon dan Serda Nur Sigit Yusuf, seorang anggota TNI.

Wakil Kepala Polresta Pulau Ambon AKPB Hery Budianto kebakaran hebat itu dipicu dari terbakarnya mobil Sigra saat melintas di kawasan tersebut. Namun soal penyebab kebakaran mobil itu ia mengaku masih menyelidikinya.

“Memang itu kejadian awalnya dari kebakaran mobil itu tapi untuk penyebabnya masih didalami, diselidiki,” katanya.(Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA