Search

Banser Kawal Rombongan Biksu ke Candi Brorobudur

Majalahaula.id – Sejumlah biksu dari berbagai negara melakukan thudong atau jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Momen ketika rombongan biksu ini dikawal oleh para Barisan Ansor Serbaguna atau Banser pun viral.

Aksi Banser mengawal para biksu yang tengah jalan kaki itu terlihat dari unggahan akun Twitter Young Buddhist Association @ybaindonesia. Dalam video yang diunggah pada Senin (15/05/ 2023). Dalam video itu terlihat sejumlah biksu atau bhante tengah jalan kaki di pinggir jalan. Terlihat mobil polisi berada di depan rombongan ini. Selain polisi ada sejumlah anggota Banser yang ikut mengawal dan menjaga rombongan ini.

Anggota Banser ini ada yang mengawal dengan motor. Ada juga yang membantu menyiapkan dan memberi minum pada para biksu. Minuman ini disiapkan warga di pinggir jalan agar bisa dimanfaatkan biksu. Terlihat juga warga di pinggir jalan menyambut dan memberi semangat para biksu.

Baca Juga:  Muslimat NU di Subang Selenggarakan Buka Bersama Yatim

Dalam unggahan itu dijelaskan jika aksi Banser mengawal para biksu ini terjadi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang telah menjaga rombongan biksu. “Antusias warga Indramayu menyambut bhikku yang menjalankan thudong bahkan warga berdana minuman kepada bhikku. Terima kasih juga kepada GP Ansor sudah menjaga bhante, semoga hal mulia dan kebaikan kembali ke kita semua sebagai satu saudara dalam kemanusiaan Sādhu Sādhu Sādhu,” isi caption unggahan tersebut.

Hingga Selasa (16/5/2023) siang unggahan itu dibagi 88.4 ribu kali dan disukai 1,594 akun. Netizen pun memberikan komentar positif melihat aksi sosial yang dilakukan para anggota Banser ini. Bahkan di antaranya merasakan haru.

Baca Juga:  Bank Jatim Bantu Bangkitkan Ekonomi UMKM Kediri

Diberitakan, sebanyak 32 biksu dari Thailand berjalan kaki hingga ke Borobudur untuk memperingati Hari Suci Waisak yang jatuh pada 4 Juni 2023. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA