Search

Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon Puji Keberhasilan Ponpes Amanatul Ummah

Majalahaula.id – Pondok Pesantren Bina Insan Mulia menggelar kegiatan dialog pendidikan dengan menghadirkan dua tokoh pembaharuan pendidikan nasional yakni Prof. Dr. KH. Asep Saipuddin Chalim, MA dan KH. Imam Jazuli, Lc.MA. Kehadiran mereka dapat membangkitkan semangat ratusan peserta yang hadir pada kesempatan tersebut.

Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon KH. Imam Jazuli, Lc.MA mengatakan, selama ini ribuan bahkan jutaan alumni pesantren belum banyak berkontribusi terhadap bangsa dan negara ini. Hal ini dibuktikan dari hasil riset yang dilakukan DR. Ubaidillah Anwar, terhadap pondok modern.

“Alumni pondok pesantren yang sukses itu hanya 4-5 % saja yang berkontribusi pada bangsa dan negara ini, jumlah ini sangat kecil dan ini tentunya menjadi masalah kita bersama,”katanya.

Baca Juga:  Qariah Pesantren NU Lampung Ikuti MTQ di Qatar

Semuanya jor joran berebut menjadi guru, tidak siap menjadi birokrasi, politisi, atau posisi strategis lainya, maka ini akan menjadi masalah baru.

“Saya berani mendeklarasikan Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur sebagai salah satu pesantren NU terbaik yang didirikan Kiai Asep. Kiprahnya dalam dunia pendidikan pesantren sangat masyhur dan terkenal di berbagai daerah di tanah air,”ujarnya.

Menurut dia, berbagai terobosan pendidikan pesantren yang beliau lakukan telah banyak menginspirasi dan membuat tercengang banyak orang. Bagaimana tidak, output pesantren nya hampir 80% diterima di berbagai kampus negeri seperti ITB, UI, UGM dan lain-lain.

Lalu, 15 % nya diterima di kampus Internasional berbagai negara dan 5% nya diterima di kampus elit swasta. “Tentu prestasi ini sangat langka,” ujar. Kiai Imam.

Baca Juga:  Pesantren Sirrul Ilahiyah Batam, Jadi Tempat Diklat 100 Kader Muda Banser

Seperti diketahui Bina Insan Mulia Pesantren tergolong baru. Namun meski baru merangkak sudah berhasil mengirimkan ratusan santrinya kuliah di Al Azhar Kairo Mesir. Bahkan puluhan alumninya tersebar di negara timur tengah.

Ada pula yang di Negara Taiwan, Jepang dan Australia. Keberhasilan pesantrennya itu salah satunya tidak terlepas dari menimba ilmu pesantren dari Prof Dr Asep Saefuddin Chalim, MA.

“Kehebatan kiai Asep ini seperti virus lagunya Slank, menjadi inspirasi dan motivasi pesantren NU di seluruh tanah air ini,”. tutup kiai Imam.

Menanggapi hal itu Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim tetap tawadhu. Menurut dia, dalam mewujudkan cita-cita luhur yang dalam membangun pesantren seperti disampaikan KH Imam Jazuli ini membutuhkan proses dan kerja keras serta kerja cerdas. Dan tak lupa melibatkan Allah Swt dalam setiap gerak langkahnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA