Search

BPBD Nagan Raya Aceh Bersihkan Lokasi Bencana Angin Kencang

Majalahaula.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan pembersihan material pohon tumbang dan puing atap rumah di lokasi bencana alam angin kencang di sejumlah kecamatan. “Pembersihan material pohon yang tumbang dan puing atap rumah ini untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam,” kata Kepala Pelaksana BPBD Nagan Raya Irfanda Rinaldi, di Nagan Raya, Rabu (26/4/2023).

Menurut Irfanda, pembersihan dilakukan petugas dengan cara menebang sejumlah pohon yang tumbang menimpa atap rumah warga di Kecamatan Beutong, Seunagan Timur, Suka Makmue, dan Kuala. Selain itu, BPBD juga melakukan pembersihan puing atap dan bangunan di sejumlah lokasi yang terdampak bencana alam angin kencang.

Baca Juga:  Wukuf dan Mabit di Muzdalifah Selesai, Jamaah Mabit di Mina dan Lontar Jumrah

Irfanda menyebutkan jumlah rumah warga yang tercatat rusak parah akibat bencana alam angin kencang di Kabupaten Nagan Raya hingga Rabu siang sebanyak 24 unit rumah. Terdiri atas 19 rumah di Kecamatan Beutong, 3 rumah di Kecamatan Seunagan Timur, 1 rumah di Kecamatan Suka Makmue, dan 1 rumah di Kecamatan Kuala.

Sebanyak 19 rumah rusak di Kecamatan Beutong meliputi Desa Blang Seumot sebanyak 15 rumah, Desa Babah Krueng dua rumah, Desa Meunasah Pante satu rumah, dan Desa Gunong Nagan satu rumah. Di Kecamatan Seunagan Timur angin kencang merusak tiga rumah di Desa Blang Bayu, di Kecamatan Suka Makmue satu rumah rusak di Desa Cot Peuradi, dan di Kecamatan Kuala satu rumah rusak di Desa Ujong Fatihah.

Baca Juga:  JKS 38 Mendarat Tutup Fase Kedatangan Jamaah Haji Gelombang Pertama di Madinah

Irfanda mengatakan penyebab bencana alam tersebut diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Nagan Raya, sehingga mengakibatkan pohon tumbang dan atap rumah warga diterbangkan angin. “Selain menumbangkan pohon, angin kencang juga menyebabkan sejumlah tiang listrik roboh,” imbuhnya. (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA