Search

Wow Nilai Belanja Produk Halal Indonesia Tembus 135 Miliar Dolar AS

Majalahaula.id – Tak dapat dipungkiri Indonesia sebagai negeri dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Sekitar 11 persen dari dua miliar umat Muslim dunia berada di Tanah Air. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyebut nilai belanja produk halal dari umat Muslim dunia diperkirakan hampir 2 triliun dolar AS (sekitar Rp 29,8 kuadriliun).

Kepala BPJPH M Aqil Irham mengatakan, nilai belanja Muslim di Indonesia cukup besar. “Belanja penduduk Muslim Indonesia 135 miliar dolar AS per tahun,” kata Aqil dalam acara Talkshow bertajuk “Halal Entrepreneurship, Concept, and Opportunities” di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (9/4/2023).

Aqil mengatakan, nilai belanja produk halal itu berasal dari makanan, minuman, atau pakaian. Produk makanan halal Indonesia berada di peringkat 2 terbesar di dunia tahun 2022. Untuk modest wear, Indonesia berada di peringkat tiga besar, setelah Turki dan Uni Emirat Arab.

Baca Juga:  Sejak Kapan Sepak Bola Steril dari Politik?

Kemudian, produk kosmetik, obat, dan barang gunaan diwajibkan memiliki sertifikat mulai Oktober 2021. Kosmetik merupakan produk yang digunakan dari bayi hingga orang tua. “Sabun, sikat gigi, minyak wangi, pastikan sudah halal. Barang gunaan, misalnya ikat pinggang kulit, pastikan bukan dari binatang haram,” ujar Aqil.

Aqil mengajak produsen dan pelaku industri halal untuk terus meningkatkan kapasitas produk di Indonesia. “Kita perlu tingkatkan kapasitas produksi agar bisa menjadi pusat industri halal,” ujar Aqil.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA