Search

Kokohkan Aswaja An Nahdliyah Dalam Bingkai Ramadlan

Majalahaula.id – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Panji kembali menggelar Safari Ramadlan 1444 H pada malam 13 Ramadlan. Acara ini digelar di Masjid Al Khoirot Desa Panji Lor Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, Senin (3/4/2023) malam.

Rais Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Panji Lor H. Sholahuddin mengungkapkan bahwa Safari Ramadlan MWCNU Panji pada malam itu dilaksanakan secara rutin setiap tahun di malam ganjil Ramadlan dengan tujuan untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah dan konsolidasi dengan PRNU se Kecamatan Panji.

Konsolidasi MWCNU Panji dan PRNU Panji Lor

Rombongan Safari Ramadlan tersebut telah hadir di lokasi menjelang adzan Shalat Isya’, ikut berbaur dengan jamaah warga setempat ikuti Sholat Isya’ dan Tarawih berjamaah. Usai melaksanakan Shalat Isya’ dan Tarawih sebelum Witir, dilanjutkan dengan ceramah agama.

Baca Juga:  Giatkan Kaderisasi, Ansor Sumedang Gelar PKL dan Susbalan

Mustasyar MWCNU Panji Habib Umar Assegaf, Lc. menyampaikan ciri khas (khashaish) Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdhiyah yang diajarkan dan telah menjadi pedoman hidup perkumpulan NU tidak hanya penting disampaikan kepada jam’iyyah, tetapi juga kepada jamaah karena tiap wilayah memiliki karakteristik dan kultur masing-masing.

“Seperti halnya Sholat Tarawih yang digolongkan ke dalam sholat malam dan dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Dalam segi spiritual sholat Tarawih tentu akan memberikan pahala yang berlimpah dan menyempurnakan ibadah di bulan Ramadlan. Dan tak kalah pentingnya, gerakan yang lembut, harmoni dan juga koordinasi dari setiap gerakan sholat sejak awal hingga akhir Tarawih dengan 20 rakaat yang akan menjaga kebugaran fisik kita. Kita akan melakukan gerakan dinamis yang membantu otot melakukan kerjanya dengan benar sebagai bentuk latihan yang panjang untuk menjaga kebugaran tubuh,” tegasnya.

Baca Juga:  Menaker Ida Fauziah Terpilih Jadi Ketua Umum IKA UINSA Surabaya

“Faktanya, masih ada orang yang malas melaksanakan sholat Tarawih dengan berbagai alasan. Sholat Tarawih, selain menyempurnakan ibadah Ramadlan dan mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, dan juga sudah banyak penelitian yang menjelaskan tentang manfaat sholat Tarawih bagi kesehatan,” pungkasnya.

“Semoga kita selama menjalani ibadah Ramadlan ini semakin mengokohkan amaliyah Aswaja An Nahdliyah dengan istiqomah,” kata Wakil Ketua MWCNU Panji Heri Junaidi, S.Sos.(hj)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA