Search

Menaker Ida Fauziah Terpilih Jadi Ketua Umum IKA UINSA Surabaya

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah terpilih sebagai ketua umum I Ikatan Alumni Universitas Negeri Sunan Ampel (IKA UINSA) Surabaya periode 2022-2026. Perempuan kader PKB itu terpilih aklamasi dalam Muktamar II IKA UINSA di Surabaya, Jumat (25/3) malam.

Terpilihnya Ida Fauziah menakhodai IKA UINSA sudah diprediksi sebelumnya. Dalam sidang pleno pemilihan ketua umum yang dipimpin Bupati Lumajang Thoriqul Haq tersebut berlangsung cukup cepat. Setelah pembahasan tata tertib pemilihan disahkan, lantas tiga peserta muktamar diberi kesempatan memberikan pandangannya. Mereka mewakili koordinator daerah (korda) dan koordinator wilayah (korwil). Ketiganya pun meminta Ida Fauziah menjadi ketua umum. Ada 130 peserta yang mewakili 30 korda dan 10 korwil se-Tanah Air.

Baca Juga:  Ngaji Ramadan, Bekali Literasi Digital

Para peserta muktamar pun langsung setuju dan meminta pimpinan sidang untuk mengesahkannya. “Ini muktamar yang cukup dramatis, karena berlangsung sangat cepat. Ini sungguhan apa guyonan ya?” celetuk Ida Fauziah saat dimintai kesediaan menjadi ketua umum.

Perempuan asal Mojokerto, Jatim, itu tidak langsung memberi jawaban pasti. Apakah bersedia menerima amanat sebagai ketua umum IKA UINSA ataukah tidak. Namun, karena para peserta terus mendesaknya, akhirnya alumnus Madrasah Aliyah (MA) Ponpes Tambakberas, Jombang, luluh juga.

“Saya siap menjadi ketum asal seluruh teman-teman alumni semua ikut membantu membesarkan IKA UINSA,’’ ujar perempuan kelahiran 17 Juli 1969 yang pernah menjadi anggora DPR RI itu.

Kesediaan itu, lanjut dia, sekaligus sebagai bentuk cara membayar utang kepada almamater yang telah membesarkannya. Ida Fauziah merupakan alumnus kampus yang dulu bernama IAIN Sunan Ampel itu pada 1993. Selepas itu, dia juga menempuh S-2 di Universitas Satyagama dan S-3 di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) prodi ilmu pemerintahan.

Baca Juga:  Panitia Resepsi 1 Abad NU Buka Rekrutmen Relawan

Selain memilih ketua umum, peserta muktamar juga memilih formatur. Mereka nanti bertugas melengkapi susunan kepengurusan IKA UINSA periode 2022-2026. Ada tujuh formatur yang dipilih. Yakni, ketua umum terpilih, ketua umum periode sebelumnya, Mujib (Korwil Jateng), Syamsul Arifin (Korwil Surabaya), Mahrus Ali (Korda Lamongan), Imron Arifin (Korda Malang), dan Gus Zaki (Korda Mataraman).

Formatur terpilih tersebut juga akan dibantu oleh Suhadi sebagai tim akselerasi atau percepatan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA