Search

Kala Ulama Tak Lagi Jadi Pewaris Nabi

Majalahaula.id –Ulama adalah pewaris para nabi.” (HR. at-Tirmizi) Statmen ini tidak perlu dipertanyakan lagi kebenarannya, karena disabdakan langsung oleh sang penghulu para nabi, Rasulullah SAW. Akan tetapi, apakah kemudian setiap public figure yang telah dikenal sebagai ulama di tengah-tengah masyarakat otomatis menjadi pewaris nabi? Inilah yang penting untuk dikaji dan diluruskan.

Sebagaimana kita ketahui, para nabi dan rasul memiliki level keilmuan yang sangat tinggi. Nah, ketinggian ilmu itulah yang tentunya diwariskan kepada para ulama. Apabila para nabi diyakini meraih ilmu secara laduni, maka tidakkah seharusnya para pewaris mereka pun menerima ilmu secara laduni? Pasalnya, yang diwariskan oleh para nabi adalah ilmu mereka, sementara ilmu mereka tidak lain bersifat laduni.

Bukan berarti tidak boleh menuntut ilmu secara kasbi, sebab ilmu kasbi merupakan salah satu sarana untuk mencapai perolehan ilmu laduni. Dalam hadits dikatakan: “Barangsiapa mengamalkan ilmu (kasbi)-nya, maka Allah wariskan kepadanya ilmu (wahbi/laduni) yang tidak pernah ia ketahui.” Selain pengamalan yang baik terhadap ilmu kasbi, ketakwaan hati juga dapat membesarkan peluang meraih ilmu laduni, sebagaimana diisyaratkan dalam firman-Nya: “Dan bertakwalah kepada Allah, niscaya Allah memberimu ilmu (laduni).” (QS. al-Baqarah: 282). Ketakwaan tersebut juga melahirkan rasa takut kepada Allah, yang mana rasa takut itupun menjadi indikasi penting sebuah keulamaan, sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya yang takut kepada Allah daripada hamba-hamba-Nya adalah para ulama.” (QS. Fathir: 28).

Baca Juga:  Ashanti Hastuti Bersiap Kuliah Program Doktor

Dengan tekun mengaji lalu mengamalkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari, maka lahirlah ketakwaan dan rasa takut yang tinggi, sehingga hadirlah kemudian ilmu-ilmu Ilahi yang bersifat laduni, yang tentunya bermanfaat bagi seluruh makhluk di muka bumi, dan itulah sesungguhnya warisan murni para nabi. Allah SWT. berfirman: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami.” (QS. Fathir: 32).

Alhasil, “Ulama adalah pewaris para nabi.” Yakni, ulama yang benar-benar ulama adalah mereka yang benar-benar mewarisi para nabi, baik dalam hal ketakwaan, akhlak, kasih sayang dan yang tak kalah penting adalah ilmu laduni. Jangan dibalik! Tidak setiap yang disebut ulama itu otomatis pewaris nabi, melainkan yang sesungguhnya layak dan pantas disebut ulama adalah yang benar-benar telah menerima warisan luhur para nabi.

Baca Juga:  Oos Fatimah Upaya Pemerataan Dokter Spesialis

Selanjutnya, antara ulama dan da’i/muballigh harus pula dibedakan. Ini juga tidak kalah urgen, sebagaimana ditegaskan Syekh Ali Jum’ah dalam kitab beliau, al-Mutasyaddidun. Tidak setiap orang yang proaktif berkecimpung di bidang dakwah -sebagai da’i/muballigh/penceramah- layak disebut ulama. Pasalnya, Sayyidina Ibnu Mas’ud pernah berkata: “Kalian hidup di zaman yang banyak ulamanya tapi sedikit penceramahnya. Dan akan datang setelah kalian suatu zaman di mana sedikit ulamanya tapi banyak penceramahnya.” Imam Ibnu al-Jauzi dalam Talbis Iblis juga mengingatkan bahwa di masa lampau para da’i/muballigh-nya adalah sekaligus ulama dan ahli fikih terkemuka, sementara belakangan ini banyak yang senang disebut ulama, padahal hanya bermodalkan kemahiran retorika, penampilan mempesona serta nasihat-nasihat yang dipersolek dengan selusin cerita. Dan karena terlanjur disebut ulama, mereka kemudian nekad menerjuni urusan fatwa lalu menafsirkan al-Qur’an dan mengajarkan Sunnah jauh ke mana-mana. Siapa lagi kalau bukan umat yang menjadi korban termalangnya!.

Baca Juga:  Nyai Hj Badriyah Fayumi Kecam Kekerasan di Pesantren

Menjadi ulama itu tidak asal-asalan. Dan tanggung jawabnya pun tidak main-main. Sungguh miris jika gelar ulama dienteng-entengkan, karena akibatnya, siapapun seenaknya dapat di-ulama-kan, sehingga warisan para nabi menjadi tercemarkan, umat Nabi termulia pun menjadi terpedaya dan terkorbankan. Imam Yahya bin Ma’in yang sangat dikenal kealimannya itu pernah ditanya seputar hukum peribadatan (tata cara menyembah Allah dengan benar), maka beliau berkata: “Celakalah diriku! Akankah Tuhan semesta alam disembah menurut pendapatnya si Yahya bin Ma’in?!.” Subhanallah! Patut diresapi dalam-dalam. Wallahu A’lam.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA