Search

Noni Annisa Ramadhani Solusi saat Anak Demam

Majalahaula.id – Saat anak sakit demam, sebagai ibu pasti merasa khawatir. Bahkan bisa merasa panik, apalagi jika belum tahu cara mengatasi. Biasanya, ini terjadi pada ibu baru dengan satu anak, di mana belum memiliki pengalaman mengatasi demam pada anak.

Rasa panik dan khawatir pada ibu adalah hal yang wajar. Namun, jangan sampai rasa panik dan khawatir itu malah membuat salah mengambil langkah, atau malah tidak melakukan apapun.

Sama seperti kita, rasa panik saat anak sakit demam ternyata juga pernah dirasakan oleh aktris yang lebi akrab disapa Donita ini. “Anak pertama pernah mengalami kejang saat demam, pasti panik tapi berjalannya waktu aku lebih tenang,” katanya di Jakarta Pusat, Rabu (01/03/2023).

Baca Juga:  Rieke Diah Pitaloka Mengagumi Ibu lewat Lagu

Ia pun membagikan cara mengatasi demam pada anak yang dilakukan. Pertama, memberikan obat penurun panas. “Kasih obat penurunaun panas sesuai aturan, sesuai anjuran kebutuhan. Anak aku nih suhu sudah 37 atau 38 aku kasih obat karena dia ada bakat kejang, jadi enggak nunggu sampai 38 apalagi 39,” katanya.

Kedua, berikutnya adalah dengan memperhatikan pakaian senyaman mungkin sesuai dengan suhu tubuh anak. Ketiga, berikutnya adalah dengan melakukan skin to skin dengan anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan anak pada dada tanpa dihalangi oleh pakaian. Dengan begitu, kulit dan anak bisa saling bersentuhan. “Skin to skin karena kita pasti dicariin terus. Skin to skin selain membantu menenangkan anak, kita juga tenang karena anak ada di hadapan kita,” kata perempuan 34 tahun itu.

Baca Juga:  Oos Fatimah Upaya Pemerataan Dokter Spesialis

Keempat minta bantuan. Merawat anak yang sedang demam membutuhkan usaha dan tenaga yang ekstra. Sehingga, tak jarang ibu merasa lelah ketika merawat anak demam sendirian. Menurutnya, masalah itu bisa ditangani jika meminta bantuan, termasuk kepada suami.

Terakhir, bahagiakan diri sendiri. “Cari tahu bagaimana cara meningkatkan imun, misalnya makan cokelat, atau nonton drakor kalau anak lagi tidur. Cari cara agar bisa tetap waras. Kalau kita happy, kita bisa mengatur semuanya dengan baik,” pungkas istri aktor Adi Nugroho itu. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA