Search

Puncak PWNU Jatim Award Bakal Dimeriahkan Expo Unggulan

Majalahaula.id – Puncak Penganugerahan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim Award direncanakan bakal digelar pada 18 Maret 2023 mendatang dan dipusatkan di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri. Kegiatan tersebut sebagai pemuncak dari serangkaian PWNU Jatim Award yang dilakukan sebelumnya, mulai tahap administrasi, visitasi, hingga presentasi.

Di momen itu, sejumlah nominator akan memamerkan keunggulan masing-masing dalam pameran expo. Expo tersebut meliputi dua kategori, yaitu expo unggulan dari masing-masing Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) ataupun lembaga dan banom NU se Jatim, serta expo Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berikut ini data sementara expo unggulan dari masing-masing PCNU ataupun lembaga dan banom NU se Jatim, yang telah menyatakan kesanggupannya.

1. PCNU Kabupaten Situbondo
a) Pupuk organik: NU Kaffa, NU Jakaba, NU Smad; b) Batik Situbondo; c) Akar Dewa: perabotan rumah tangga berbahan akar kayu; dan d) Produk UMKM Sub Sektor fashion, kriya, serta kuliner.

Baca Juga:  Sangkalan Wakil Ketua PN Surabaya Dituding Kecipratan Suap Itong

2. PCNU Nganjuk
a) Produk Air mineral NU Cless; b) Kain seragam Banser, Fatayat NU, dan Muslimat NU, hasil kerja sama dengan Sritex; c) Tanam jagung dan padi (Gerbang Tamara).

3. PCNU Kabupaten Pasuruan
Expo unggulan yang akan dipamerkan perwakilan dari PCNU Kabupaten Pasuruan akan diwakili oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama ( LPNU) setempat.

4.PCNU Kabupaten Kediri
Expo unggulan dari PCNU Kabupaten Kediri meliputi dua hal, yaitu Craft (Ecoprint dan Shibori), dan madu.

5.PCNU Babat
PCNU di daerah Pantai Utara atau Pantura untuk akan diwakili oleh Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) babat yang bekerja sama dengan RSNU Babat.

6. PCNU Trenggalek
a) Produk Sandal, yaitu sandal wudhu dan sandal wisata; b) Suvenir Cangkir; c) Sepeda listrik dan motor listrik.

7. PCNU Tuban
Sementara expo unggulan dari PCNU Tuban, meliputi BMT NU, ukiran santri binaan PCNU Tuban, dan buku atau kitab karya Rais Syuriyah PCNU Tuban.

Baca Juga:  Bupati Lombok Utara Semangati PC Fatayat NU

8. PCNU Sampang
Adapun expo unggulan dari PCNU Sampang, yakni produk LPPNU Sampang, seperti bibit padi, POC, obat ternak organik, alat deteksi tanah, dan lainnya. Di samping itu, ada pula produk dari LPNU, ISNU, Lesbumi NU, Muslimat NU, Fatayat NU, hingga MWCNU di Tuban. Di antaranya, kopi jantan, batik Banyuates, odeng, garam yudium, petis, terasi, keripik, minuman botol susu jahe, sinom, mente, mente goreng bawang, keripik salju manis dan asin, keciput wijen, dan lainnya.

9. PCNU Jember.
Produk unggulan dari PCNU Jember dalam expo tersebut yaitu, produk benih hortikultura dan tanaman pangan dari PT BCA (Bintang Asia), Produk Benih Horti & TP, dan display buah hasil pertanian.

10. PCNU Kabupaten Mojokerto
Expo unggulan yang akan dipamerkan di antaranya, IKM Handicraft dan katalog ketahanan pangan alternatif (keanekaragaman pangan).

11. PW LP Ma’arif NU Jatim
a) Buku Pelajaran Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an (Kurikulum LP Ma’arif NU 2013); b) Kain Batik Seragam siswa MI/SD, MTs/SMP, SMA/MA/SMK; c) Kain Batik Seragam Guru LP Ma’arif NU Jatim; d) Buku Puisi, terjemahan kitab produk Al Maktabah Surabaya; e) Buku pelajaran komputer SD/MI, BHS Inggris, Pramuka produk CV Mitra Abadi; dan f) ATK produk Flexoffice dan Tjiwi Kimia.

Baca Juga:  Pemkab Muara Enim Dukung Rencana NU Gelar Harlah

Selain itu, pihak MKKS SMK Ma’arif NU-SMK Pondok Pesantren Jatim juga akan memamerkan produk mobil dan sepeda motor listrik. Dalam hal ini, ia diwakili oleh SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dan SMK Al Khoiriyah Nganjuk.

Tak ketinggalan, sejumlah lembaga dan banom NU di lingkungan PWNU Jatim serta pondok pesantren akan memamerkan produk unggulannya. Di antaranya, yakni PW ISNU Jatim, Lesbumi NU Jatim, Toriqoh, dan Pesantren Lirboyo.

Ada pula pemberdayaan ekonomi umat dengan program zakat dan infaq produktif dari LAZISNU PWNU Jatim. Selain itu, ada bagi-bagi bakso, kopi, dan madu secara gratis. (Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA