Search

Pesawat Militer AS Latihan di Langit Blitar

Majalahaula.id – Warga Blitar dihebohkan dengan adanya pesawat militer Amerika Serikat (AS) yang terbang di wilayahnya. Ternyata, pesawat dari US Air Force itu sedang dalam misi latihan bersama di aerodrome Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi, Magetan, Mayor Sus Yudha Pramono menjelaskan, pesawat militer AS tersebut jenis Boeing Stratotanker KC-135. Latihan itu dilaksanakan mulai 20 Februari hingga 3 Maret 2023 mendatang. “Tadi malam (latihannya),” katanya pada Jumat (24/02/2023).

Disebutkan Yudha, pesawat militer tersebut melakukan latihan dan mengitari wilayah langit Madiun, Ngawi, Ponorogo, dan Blitar. Yang terlihat dalam latihan itu instruktur dari Air National Guard (ANG) USA.

“Latihan melibatkan beberapa penerbang skadron, yakni penerbang tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 3 (UDAF) 14 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin,” ujar Yudha.

Baca Juga:  Kemenag Siapkan Desain Penyelenggaraan Haji Tahun Depan

Sebelumnya, terbangnya pesawat militer AS itu sempat menghebohkan publik, khususnya bagi warga Blitar sendiri. Peristiwa viral ini diunggah olah akun Instagram @info_seputaran_blitar. Akun tersebut mengunggah tangkapan layar dari aplikasi flightradar24 yang memperlihatkan pesawat US Air Force berputar-putar di langit Blitar dengan ketinggian 14,975 kk (kaki) dan kecepatan daray 347 kts (knot).

“Ngapain ya pesawat Amerika mutar-mutar di atas Blitar?” kata akun tersebut, dikutip Jumat (24/02/2023).

Unggahan tentang pesawat yang diketahui jenis pengisi bahan bakar udara bermesin jet itu mendapatkan tanggapan beragam dari warganet. “Lagi air to air refuelling sama F16 di Madiun, min,” kata akun @okt*dewi.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA