Search

5 Wisata Religi di Lombok Barat NTB

Majalahaula.id – Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, taman rekreasi hingga wisata religi.

Keragaman wisata religi di NTB tak terlepas dari kiprah para tokoh agama yang menyebarkan agama di kepulauan Nusa Tenggara tersebut. Berikut rangkumkan beberapa destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi wisatawan.

1. Makam Batu Layar

Makam Batu Layar dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat yang keramat. Di sana terdapat makam seorang tokoh agama, Sayid Duhri Al-Haddad Al-Hadrami. Ia dianggap sebagai tokoh oleh masyarakat setempat karena memiliki peran yang penting dalam perkembangan agama Islam di Lombok.

Makam yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi nomor 69, Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat ini seringkali dikunjungi wisatawan dan juga masyarakat setempat seitap tahunnya untuk berziarah. Apalagi saat 7 hari setelah perayaan Idul Fitri.

Baca Juga:  Program The Land of Content Diluncurkan, Konten Kreator Akan Gali Hidden Gem di Indonesia

2. Pura Batu Bolong

Pura menjadi suatu tempat beribadah bagi umat Hindu. Pura ini dibangun pada abad ke-16 oleh seorang tokoh agama Hindu, Dang Hyang Dwijendra. Ia memiliki peran penting dalam menyebarkan agama Hindu di daerah Jawa, Bali, hingga Lombok.

Pura yang terletak di Lombok Barat ini terbuka untuk umum, untuk tiket masuknya, pengunjung hanya perlu memberi donasi seikhlasnya saja. Sebab tidak ada patokan harga tiket masuk. Sebagai tempat yang sakral, pengunjung biasanya diberi selendang untuk dipakai di area pinggang sebagai penanda wisatawan.

3. Makam Keramat Cemare

Makam Keramat Cemare ini berlokasi di daerah Cemare yang di sana juga terdapat wisata pantai dan Cemare Indah. Makam ini memiliki keunikan, sebab terletak di tengah laut. Pada makam tersebut, bersemayam seorang tokoh penyebar agama Islam di Lombok, Sheikh Alwi Al-Bagdadi.

Baca Juga:  Cara Beli Tiket KAI Promo HUT RI ke-78

Untuk bisa melihat lebih dekat ke makam tersebut, pengunjung perlu menyewa perahu nelayan. Selain dapat melihat lebih dekat makam keramat tersebut, pengunjung juga bisa melihat kapal penumpang ke Bali yang berlalu lalang.

4. Masjid Raya Hubbul Wathan

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center menjadi tujuan wisata religi yang cukup populer di kalangan masyarakat Lombok dan berlokasi di Kota Mataram.

Masjid Raya Hubbul Wathan i tergolong megah dan mewah dengan balutan desain kubah utamanya menyerupai motif Batik Sasambo berwarna cerah dan menyalan di malam hari. Masjid ini juga mempertahankan nilai keagamaan dengan pembangunan menaranya setinggi 99 meter yang berarti 99 Asmaul Husna.

Baca Juga:  Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Wisata Halal Terbaik

5. Masjid Ridwan Arsitektur China Desa Pakuan

Wisata religi yang unik di Sesaot, Kecamatan Narmada ini ada Masjid Ridwan Arsitektur China Desa Pakuan atau yang dikenal dengan Masjid China.

Keunikannya adalah bentuk bangunannya yang memiliki nuansa khas bangunan Tionghoa, sehingga disebut juga dengan nama Masjid China. Bangunannya juga memiliki paduan warna merah dan kuning keemasan yang identik dengan bangunan khas Tionghoa.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA