Search

Puluhan Ansor Tulangbawang Lakukan Ziarah ke Pulau Jawa

Majalahaula.id – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tulangbawang, Lampung memberangkatkan sebanyak 50 orang anggota menuju Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Adapun tujuan kegiatan itu guna melakukan ziarah wali dengan mengunjungi sejumlah makam wali dan pendiri NU yang ada.

“Dalam rangka memperingati 1 abad berdirinya NU, sebanyak 50 orang anggota GP ansor diberangkatkan dalam ziarah wali di Provinsi Jawa Timur pada pekan lalu,” kata Ketua PC GP Ansor Tulangbawang, Hariyanto, Jumat (10/02/2023).

Untuk lokasi yang dituju dalam kegiatan ziarah religi ini antara lain makam pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdurrahman Wahid di Jombang, juga Syeh Jumadil Kubro di Mojokerto, termasuk Sultan Nasional Hasanudin Gunung Jati Cirebon.

Baca Juga:  Haul Gus Dur dan Gus Im, PWNU Jatim Gelar Seminar Antikorupsi

Dirinya juga mengungkapkan untuk melakukan perjalanan religi ini pihaknya melakukan swadaya masing-masing anggota. “Untuk perjalanan ini kami melakukan swadaya sendiri, dengan biaya masing-masing setiap anggota,” ujarnya.

Menurutnya perjalanan tersebut dilakukan untuk melakukan ziarah guna memanjatkan doa ke makam para alim ulama yang ada. “Hal yang paling utama meminta keberkahan dan ridha dari Allah SWT,” terangnya.

Selain itu hal itu dilakukan juga sebagai bentuk cara bersama meneladani jejak para alim ulama. Dalam tujuan menyebarkan agama Islam diseluruh penjuru tanah air Indonesia. “Bahkan momen perjalanan religi ini juga dapat mengingatkan kita semua bahwa manusia yang masih hidup agar tidak sombong dan lupa kepada Allah SWT,” tuturnya.

Baca Juga:  100 Tumpeng untuk 1 Abad NU dari MWCNU Senduro

Dirinya berharap kegiatan positif tersebut dapat kembali dilakukan ke depannya, bahkan dapat berkunjung ziarah menuju makam para alim ulama lainnya yang ada di Indonesia. Karena masih banyak tokoh penting yang layak dijadikan inspirasi khususnya dalam perjuangan. “Semoga kegiatan positif ini dapat terus dilakukan kedepannya, bahkan dapat berkunjung ziarah ke makam alim ulama lainnya yang tersebar di Indonesia,” ucapnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA