Search

Tampilkan Acara yang Belum Ada di Indonesia

Majalahaula.id – Akan ada kejutan di Puncak peringatan 1 Abad NU yang akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023 nanti. Adalah Ketua Panitia Pelaksana Puncak Hari Lahir Nahdlatul Ulama Yaqut Cholil Qoumas yang memastikan akan adanya kejutan itu. Namun sayangnya, pria yang akrab disapa Gus Men ini tidak bersedia menyebut apa kejutan yang akan diberikan untuk warga NU yang hadir di Sidoarjo nanti.

Gus Men menjelaskan, perayaan Harlah 1 Abad NU akan digelar selama 24 jam non stop, dimulai dari 7 Februari pukul 12.00 malam sampai 8 Februari pukul 12.00 malam. Sementara puncak resepsi akan dilaksanakan pada 7 Februari 2023 pukul 08.00 pagi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam perayaan di Gelora Delta Sidoarjo. “Kami akan tampilkan (acara) yang belum pernah ada di Indonesia. InsyaAllah belum ada belum pernah ditampilkan di event manapun,” kata Gus Men.

Baca Juga:  Perkuat Kaderisasi, Ansor di Sumut Gelar PKD

Terkait apa yang akan menjadi kejutan pria yang juga menjabat sebagai Menteri Agama RI ini menolak menjawab lebih rincin. “Adalah itu nanti kita eksekusikan. Kalau saya tuturkan sekarang ga pada datang,” kata Gus Men.

Yang pasti, lanjutnya, Panita Harlah 1 Abad NU telah mempersiapkan acara selama 24 jam yang akan diisi antara lain ijazah kubro, istighosah, dan sholat malam. Sementara untuk hiburan rakyat bakal ditampilkan Slank, Denny Caknan dan sejumlah artis papan atas Indonesia.

Menurut Gus Men panitia sengaja membuat acara Harlah 1 Abad NU meriah dan berkesan. Sebab tak mungkin lagi panita dan umat yang sekarang bisa menemui 2 Abad NU nanti. “Kami merasa bahwa tidak akan ketemu di abad keduanya (NU) jadi kami berharap yang akan menjadi sebuah magnitude gitu ya untuk bisa menarik jamaah NU itu untuk datang di Sidoarjo,” kata Gus Men.

Baca Juga:  Semarak Kick Off Satu Abad NU di Tugu Pahlawan

Panitia, kata Gus Men, sebenarnya hanya menargetkan 1 juta warga Nahdliyin hadir di Sidoarjo dalam peringatan Harlah 1 Abad NU. Namun hingga awal pekan ini tercatat sudah ada 1,6 juta warga Nahdliyin yang sudah konfirmasi kehadirannya. Dipastikan jumlah peserta yang akan hadir masih akan terus bertambah.

Menurut Gus Men, panitia akan mengatur supaya kedatangan peserta Harlah 1 Abad NU tidak menumpuk di satu waktu, melainkan bisa diatur ke beberapa event yang memang sudah disiapkan. Apalagi memang kapasitas Stadion Gelora Delta Sidoarjo memang terbatas.

“Target kami sih hanya sejuta karena yang terkait dengan kapasitas stadion itu kan di atas Sidoarjo itu hanya sekitar 40.000 Nah kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam radius dua setengah kilo nanti akan diisi oleh jamaah dan itu dihitung 700.000 maksimal 1 juta,” kata dia.

Baca Juga:  JPPR Jawa Tengah Sambangi Bawaslu, Bangun Sinergisitas Pengawas Partisipatif

Nahdlatul Ulama (NU) didirikan pada 31 Januari 1926 bertepatan dengan 16 Rajab 1344 H oleh sejumlah ulama Ahlusunnah wal Jama’ah pengasuh pesantren di tanah air antara lain KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA