Search

Kedaulatan Pangan dan Energi Harus Jadi Perhatian Bersama

Majalahaula.id – Ketua Dewan Pembina Islam Nusantara Foundation (INF) KH Said Aqil Siroj mengajak para pakar untuk bersama berkontribusi membangun kedaulatan pangan dan energi. Sebab, Indonesia memiliki kekayaan energi dan kekuatan sumber daya alam yang luar biasa.

Untuk itu, melalui INF, Kiai Said menggelar diskusi strategis bertema ‘Reformasi Tata Kelola Energi Nasional’ di Jalan Kudus 9, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2022). Kiai Said mengajak sejumlah pakar untuk berdiskusi mengenai tata kelola energi di masa mendatang.

“Kita punya kekayaan energi dan alam yang luar biasa. Hanya saja, perlu tata kelola yang tepat, yang benar dari tangan-tangan para ahli yang memang bidangnya dan punya semangat ingin membangun kemandirian ketahanan energi,” kata Kiai Said, saat memberikan sambutan kunci.

Baca Juga:  Lolos Grand Final NU Jatim Award, Berikut Keunggulan Lembaga di PCNU Blitar

Dirinya lantas menyerukan bahwa negara harus berdaulat, bukan hanya berdaulat secara politik tetapi juga berdaulat soal pangan dan energi. Menurut Kiai Said, kedaulatan pangan dan energi hanya bisa diwujudkan apabila tata kelolanya benar-benar berada di tangan yang terampil dan punya karakter. Sebaliknya, kata Kiai Said, tidak mungkin kedaulatan itu terwujud apabila tata kelolanya berada di bawah tangan orang-orang yang hanya mengejar kepentingan sesaat.

“Jika kebenaran diperalat untuk mencapai kepentingan, hancurlah tatanan kehidupab di muka bumi ini. Kalau kebenaran dikalahkan oleh kepentibgan, atau digunakan untuk mencapai kepentingan, hancur kita. Itu pesan dari Allah yang masih relevan,” tegasnya.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu kemudian mengutip surat Al-Baqarah ayat 267. “Wahai orang beriman, infakkanlah kekayaanmu yang baik-baik. Jangan kamu infakkan sesuatu yang jelek yang kamu sendiri nggak suka. Ini namanya reformasi mental dan sosial. Jadi kalau mau memberi orang jangan yang jelek-jelek,” kata Kiai Said, memaknai ayat itu.

Baca Juga:  PWNU Jatim Dirikan 100 Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan Menuju 1 Abad NU

Menurut Kiai Said, kalau bangsa ini ada kemauan yang kuat maka akan mampu untuk benar-benar membangun kedaulatan energi. Sebab Indonesia merupakan bangsa yang besar. Karena besar dari demografi, kaya dengan sumber daya alam yang luar biasa. Hanya perlu kebijakan dan keberanian, serta SDM (sumber daya manusia) dan skill (keterampilan) yang harus sempurna untuk membangun mewujudkan kedaulatan pangan dan energi. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA