Search

NU di Batang Jateng Lakukan Kaderisasi Bidang Media

Majalahaula.id – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) menggerakkan pengkaderan di bidang media.

Hal itu dibuktikan dengan terselenggaranya pelatihan desain grafis yang bertajuk “Mengembangkan Skill Design Nahdliyin di Era Masyarakat 5.0”. Acara dipusatkan di SMK Al-Syairiyah, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Selasa (01/11/2022).

Pelatihan mendatangkan narasumber yakni Sofyan Ari Setiawan, founder Sinau Desain Community dan Wijayanto dari Multimedia Content Stategist dan Blogger Since 2009. Apalagi yang terakhir selaku pengurus di Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jateng dan diikuti 32 delegasi dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Batang.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang, H Ahmad Taufiq mengatakan bahwa pelatihan merupakan wadah kaderisasi agar LTNNU semakin berkembang. Yang juga tidak kalah penting adalah bersinergi dengan seluruh badan otonom di jamiyah tersebut.

Baca Juga:  Pemerintah Daerah Diminta Kembangkan Moderasi Beragama

“Masing-masing badan otonom dan lembaga memiliki kader potensial di media, termasuk bidang desain grafis. Tapi memang membutuhkan keyakinan dengan meluangkan waktu untuk belajar,” katanya.

Dirinya menambahkan, peserta harus antusias berproses karena dunia digital tidak mungkin bergerak tanpa orang yang mengoperasikan media tersebut. Pelatihan juga sebagai wujud upaya mencari kader kompeten mengoperasikan media NU Batang di masa yang akan datang.

Ketua PC LTNNU Batang, Jabir Al Faruqi menuturkan, desain grafis tidak sesederhana melaksanakan pelatihan selama dua hari secara berturut-turut. Terdapat rencana tindak lanjut dengan pembinaan secara berkala sebagai pelopor di bidang media di daerahnya masing-masing. “Aktivis NU perlu membangun kesadaran bersama bahwa kualitas dapat meningkat apabila berproses dengan telaten, meskipun harus merintis dari awal,” ucap Jabir.

Baca Juga:  Wakil Walkot Banjar Hadiri Yaumul Ijtima Muslimat NU

Kegiatan pernah dilaksanakan dua tahun lalu dalam bentuk pelatihan jurnalistik. Memiliki tujuan serupa, yakni membekali kemampuan kader NU di sektor media di era kekinian. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA