Search

Majelis Masyayikh berkomitmen tetap jaga keberagaman pesantren

Majalahaula.id – Majelis Masyayikh sebagai lembaga independen dan mandiri yang mewadahi pesantren di Indonesia, berkomitmen untuk tetap menjaga keberagaman pesantren sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren.

“Pesantren itu sebagian besar berkembang dari bawah masing-masing punya keunikan. Keberagaman itu yang kita jaga,” kata Ketua Majelis Masyayikh KH Abdul Gofarrozin dalam rangka menyambut Hari Santri melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Abdul Gofarrozin atau akrab disapa Gus Rozin mengatakan penerbitan undang-undang pesantren itu bertujuan untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang khas dan unik.

Pondok pesantren ke depan bukan sekedar lembaga pendidikan keagamaan saja namun juga berfungsi sebagai lembaga dakwah dan juga pemberdayaan masyarakat, ucap Gus Rozin.

Gus Rozin yang didampingi anggota Majelis Masyayikh lain, seperti KH Jam’an Nurchotib Mansur, KH A. Muhyiddin Khotib, dan Hj Amrah Kasim, serta Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Waryono Abdul Ghafur mengatakan kehadiran majelis di sini untuk merumuskan dan menetapkan sistem penjaminan mutu pendidikan pesantren.

Baca Juga:  Pesantren Harus Imbangi Perkembangan Peradaban

Gus Rozin membenarkan tugas yang diembannya itu bukan perkara mudah mengingat berdasarkan data Kementerian Agama RI jumlah pondok pesantren di Indonesia lebih dari 36 ribu dengan jumlah santri empat juta yang mana masing-masing pesantren memiliki kekhasan yang berbeda-beda.

Terkait hal itu, Majelis Masyayikh bekerja sama dengan Dewan Masyayikh yang ada di masing-masing pesantren berpegang kepada empat prinsip arah kebijakan pendidikan pesantren yakni pertama fleksibilitas untuk menjaga keberagaman.

Lantas produk dan kebijakan menganut prinsip kriteria minimal dalam arti masing-masing pesantren pasti mampu melampauinya sedangkan untuk kriteria atasnya tidak terhingga agar pesantren bisa lebih berkreasi dan berinovasi.

Tak hanya itu, prinsip pendidikan pesantren bersifat pemberdayaan sehingga bagi pesantren yang belum memenuhi kriteria minimal bekerja sama dengan Dewan Masyayikh akan menerbitkan rekomendasi agar bisa melampaui kriteria tersebut.

Baca Juga:  Pesantren Tahfidz Al-Hasan Ponorogo, Sambut Harlah ke-38 dengan Lomba MHQ

Serta terakhir, akuntabilitas atau transparansi terkait dengan kajian akademik, diskusi dengan pemangku kepentingan termasuk asosiasi, diskusi pakar, dan uji coba sehingga kebijakan majelis bisa diterima oleh masing-masing pesantren.

Dengan empat prinsip itu diharapkan keluaran (output) di masing-masing pesantren adalah peningkatan tata kelola, peningkatan sumber daya manusia, dan pendanaan.

Sedangkan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Waryono Abdul Ghafur membenarkan anggaran yang dikucurkan bagi pesantren baik melalui APBN maupun APBD belum terlalu signifikan, justru alokasi anggaran terbesar berasal dari kementerian dan lembaga lain.

Dia mencontohkan Kementerian Ketenagakerjaan RI yang memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) bagi pesantren dengan alokasi anggaran Rp1 miliar untuk membangun satu unit fasilitas tersebut.

Baca Juga:  Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Lor Gelar Rutinan Majelis Dzikir dan Haul Akbar

Anggaran terbesar bagi pesantren juga disediakan Kementerian Koperasi dan UKM untuk pengembangan koperasi di pesantren, Kementerian Kesehatan RI untuk fasilitas kesehatan santri, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyediakan fasilitas rusunawa bagi santri

Kementerian Agama sendiri menyediakan fasilitas beasiswa bagi santri berprestasi baik berasal dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) maupun beasiswa biasa yang total nilainya lebih dari Rp1 triliun.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA