Search

Ishari Milenial Tampil Memukau di Kick Off 1 Abad NU Malang

Majalahaula.id – Ishari Milenial SMA-SMK Sunan Kalijogo Jabung, Kabupaten Malang kembali memeriahkan Kick Off 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU). Kali ini 92 siswa tampil memukau di Resepsi Hari Santri Tahun 2022 dan Kick Off Satu Abad NU di Pondok Pesantren An-Nur 2 Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (20/10/2022).

Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Ishari NU Kabupaten Malang Muhammad Nizar, menyatakan bahwa 92 anak tersebut terdiri atas 80 penampil Ishari ditambah 12 pemukul rebana. “Untuk penampilan di Resepsi Hari Santri Nasional Tahun 2022 dan Kick Off Satu Abad NU yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang ini 92 anak dilibatkan. Secara keseluruhan kami memiliki kurang lebih 800 anggota Ishari Milenial,” ujar Nizar.

Baca Juga:  Pesantren Hijau Jadi Titik Pijak NU Membangun Lingkungan

Nizar menambahkan Yayasan Sunan Kalijogo Jabung sudah aktif menghidupkan Ishari sejak tahun 1970-an. “Saat itu masih ada Mbah Kiai Hamid Pasuruan, Mbah Kiai Ali Mas’ud, dan beberapa kiai sepuh yang saat Sunan Kalijogo baru berdiri sudah kesana (Sunan Kalijogo),” ungkapnya.

Ishari di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo, menurut Nizar, sudah menjadi rutinitas santri secara turun temurun. “Anak-anak sebenarnya latihan rutin, mau ada undangan atau tidak tetap istiqamah. Pada dasarnya, Ishari itu mau ditampilkan di khalayak umum atau tidak ada yang menonton sekalipun, kita tetap ber-Ishari,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan jika seluruh siswa lembaga formal di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo baik SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa wajib ber-Ishari. “Itu karena dawuh kiai Ishari merupakan satu-satunya seni hadrah yang bersambung sanad kepada muassis NU. Oleh karenanya, dengan adanya Ishari milenial, kita mempunyai misi agar anak-anak muda tidak malu mengikuti Ishari. Melalui gerakan ini diharapkan Ishari milenial bisa lestari ila yaumul qiyamah,” terang Nizar.

Baca Juga:  LBM NU Tangsel Gelar Bahtsul Masail Mengundang 40 Pesantren

Kick Off 1 Abad NU Kabupaten Malang dihadiri Menteri Koperasi, dan UKM Teten Masduki, Ketua Pengurus Besar NU (PBNU) KH Ahmad Fahrurrozi, Bupati Malang HM Sanusi, Ketua PCNU Kabupaten Malang KH Hamim Kholili, dan sejumlah tokoh lain.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA