Search

Pesantren Hijau Jadi Titik Pijak NU Membangun Lingkungan

Majalahaula.id – Tiga lembaga yakni LAZISNU PBNU, LPBI NU, dan RMI PBNU berfokus pada program Pesantren Hijau. Ketua Pelaksana Program Pesantren Hijau, Riri Khariroh menegaskan dalam konteks satu abad NU yang mengusung tema Merawat Jagat, Membangun Peradaban program ini diharapkan bisa menjadi titik pijak bagi NU untuk terus aktif dalam upaya-upaya membangun kehidupan atau lingkungan yang betul-betul ramah.

Riri menjelaskan alasan tiga lembaga tersebut fokus pada program Pesantren Hijau karena isu lingkungan sangatlah penting, khususnya dalam konteks Nahdlatul Ulama sebagai ormas yang selama ini sangat peduli dengan isu-isu lingkungan.

Alasan kedua pesantren, karena pesantren adalah sebuah subkultur yang selama ini memiliki kontribusi yang sangat besar bagi peradaban, khususnya bagi Muslim di Indonesia.

Baca Juga:  Buka Rapimwil GPK Bengkulu, Sekjen: Milenialnya GPK dan PPP adalah Santri

“Di pesantren-pesantren itu ada kiai yang memiliki otoritas terhadap bagaimana sebuah pesantren dikelola, ada banyak santri, ada komunitas masyarakatnya. Maka ini menjadi strategis untuk program Pesantren Hijau, karena harapannya agar bisa membangun kesadaran secara masif melalui komunitas pesantren,” kata Riri dalam agenda Silaturahim Tim Pesantren Hijau ke Pondok Pesantren Darul Muttaqien di Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (18/9/2022).

Pihaknya juga berharap bahwa program yang berangkat dari pesantren itu manfaatnya bisa dirasakan juga oleh masyarakat sekitar pesantren.

Menurutnya, sampah-sampah yang ada di pesantren bisa dikelola secara baik, dan para santri nantinya bisa memiliki skill (keterampilan) dalam mengelola serta mendaur ulang sampah, termasuk membangun kesadaran agar bisa mengurangi sampah yang ada di lingkungannya.

Baca Juga:  Siti Nadia Tarmizi Tak Mempersulit Warga Mudik

The post Pesantren Hijau Jadi Titik Pijak NU Membangun Lingkungan appeared first on Aulanews.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA