Search

2.540 Siswa Meriahkan Porsema Ke-XII di Sukorejo

porsema

Majalahaula.id – Sebanyak 2.540 siswa jenjang MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Kendal meriahkan Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) 2022 di Sukorejo. Itu dilakukan untuk menyiapkan bibit-bibit unggul dan atlet berprestasi untuk menghadapi Porsema tingkat provinsi pada 2023 mendatang.

Ketua Panitia Porsema XII Kendal Suciptono menjelaskan, kali ini Porsema dilaksanakan selama dua hari. Yakni dimulai pada 1-2 Oktober. Porsema ini menjadi wahana untuk menyalurkan minat, bakat, pengetahuan, dan keterampilan para siswa. Dalam ajang ini, ada 24 cabang lomba. Meliputi 9 cabang lomba dan pertandingan bidang olahraga serta 15 cabang lomba bidang seni.

“Pesertanya ada 2.540 siswa dari jenjang MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Semua peserta itu berasal dari 140 satuan pendidikan, sekolah, dan madrasah di bawah LP Ma’arif NU Kabupaten Kendal,” jelasnya dilansir dari Jawa Pos Radar Semarang.

Baca Juga:  Kemendikbudristek Jalin Kerja Sama dengan Sebelas Industri di Kawasan Industri Kendal

Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Kendal Ahmad Khoiron mengatakan, Porsema ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap dua tahun sekali. Adapun Porsema ke-XII ini baru kali pertama dilaksanakan di wilayah Kawedanan Selokaton. Yakni Kecamatan Patean, Pageuryung, Plantungan, dan Sukorejo.

”Ini sengaja dilaksananan di wilayah Kendal atas. Karena biasanya hanya di Kendal, Weleri, dan Kaliwungu. Ini untuk pemerataan,” katanya.

Lebih lanjut Khoiron mengatakan, melalui Porsema ini diharapkan semakin terjalin ukhuwah antar siswa di lingkungan Ma’arif. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana pengembangan prestasi untuk mencari bibit dan atlet yang unggul.

“Porsema tingkat kabupaten ini iuga untuk persiapan menghadapi Porsema tingkat Jawa Tengah pada Februari tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga:  LP Ma’arif NU Manyar Gresik Selenggarakan Bimtek Website

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, Pemkab Kendal mendukung penuh pengembangan prestasi siswa melalui Porsema ini. Pihaknya berharap, para siswa bisa bertanding sportif dan tetap menjunjung tinggi akhlak.

“Pemerintah Kabupaten Kendal tentunya sangat mensuport kegiatan pengembangan siswa ini. Terlebih ini sebagai persiapan menuju unggulnya SDM Kendal. Semoga para siswa bertanding sportif dan bisa bersaing ke depannya,” harapnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA