Search

Resep Lapis Legit Lembut

Lapis Legit, salah satu kue tradisional khas Indonesia.(THINKSTOCK)

Lapis legit atau spekuk (bahasa Belanda: Spekkoek) adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Lapis legit berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia. Awal mulanya, kue bernama asli spekkoek ini dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia.

Kue tersebut kemudian mendapat pengaruh dari penduduk lokal. Orang-orang Indonesia memodifikasinya dengan menggunakan bahan-bahan lokal termasuk menambahkan rempah-rempah yang disesuaikan dengan lidah mereka. Seiring perkembangannya, kue ini lebih dikenal dengan nama lapis legit karena kue ini memiliki banyak lapisan,kue ini juga dikenal dengan sebutan “kue seribu lapis”.

Baca Juga:  Resep Sop Ceker Sayuran Lezat

Bahan-bahan:

50 g tepung terigu serba guna
20 g susu bubuk
250 g mentega
100 g margarin
40 g krimer kental manis
1 sdm bumbu spekuk
1 sdt ekstrak vanila
½ sdt garam
400 g kuning telur
150 g gula bubuk

Cara Membuat

  1. Aduk rata tepung terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
  2. Kocok mentega, margarin, dan krimer kental manis menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan pucat.
  3. Tambahkan bumbu spekuk, ekstrak vanila, dan garam, kocok hingga rata. Sisihkan.
  4. Kocok kuning telur dan gula bubuk menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku.
  5. Masukkan kocokan mentega ke dalam kocokan kuning telur sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer kecepatan rendah hingga rata.
  6. Masukkan campuran tepung terigu sambil diayak, aduk lipat menggunakan spatula hingga rata.
  7. Siapkan loyang persegi ukuran 16x16x7 cm, olesi dengan mentega di setiap sisinya, alasi bagian dasarnya dengan baking paper.
  8. Tuangkan 60 g adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang dalam oven dengan api atas suhu 200℃ hingga matang (± 15 menit).
  9. Keluarkan loyang, tuangkan kembali 60 g adonan ke atas lapisan pertama, ratakan. Panggang kembali hingga matang. Lakukan hingga semua bahan habis.
  10. Terakhir, panggang kue dalam oven panas dengan api atas bawah suhu 180℃ hingga kue benar-benar matang (15 menit). Keluarkan, biarkan dingin. Potong-potong sesuai selera. Sajikan segera.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA