Search

5 Keuntungan Ketika Kamu Berprofesi Jadi Penulis

Ilustrasi penulis
Ilustrasi penulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Majalahaula.id – Memang tidak semua pekerjaan membutuhkan skill menulis. Tapi kalau kamu punya bakat menulis, tidak ada salahnya mencoba untuk menyelami beberapa profesi ini. Seperti, copywriting, content writing, technical writer, marketing communication specialist, editor, novelis, reviewer, jurnalis, ghostwriter, dan masih banyak lagi profesi yang membutuhkan latar belakang penulis.

Meski sama-sama membutuhkan skill menulis. Beberapa profesi tersebut, memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Sehingga, struktur atau cara penulisannya pun tidak sama. Selain itu, sumber pendapatan atau income setiap personal pun mengikuti.

Lantas, apa sih keuntungan menjadi seorang penulis? Setidaknya ada 5 manfaat menurut manfaat.co.id ketika seseorang menggeluti profesi sebagai penulis.

1. Memberikan pengetahuan pada para pembacanya

Baca Juga:  5 Cara Bersihkan Teflon Antilengket Usai Dipakai untuk Panggang Daging

Ini jelas adalah tugas seorang penulis. Penulis tidak ubahnya seperti pembawa pesan. Maka dari itulah mereka menulis untuk memberitahukan pada pada pembacanya tentang apa-apa yang mereka ketahui dan mereka pahami. Ini adalah manfaat yang paling utama sebagai seorang penulis.

2. Memperluas pengetahuan

Ketika Anda menulis, secara otomatis Anda juga harus membaca. Karena hukumnya jelas, Anda banyak membaca maka Anda akan dengan mudah bisa menulis. Ini membuka wacana Anda terhadap hal-hal baru.

3. Memperluas pertemanan

Jangan Anda pikir bahwa hanya lewat Facebook dan memanfaatkan sosial media lainnya bisa mendapatkan teman. Namun, kalau Anda aktif menulis di platform tersebut akan mendapatkan banyak teman yang bukan hanya sekadar teman, tapi teman yang berkualitas dan tentunya bisa meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Baca Juga:  Tanda dan Kunci Meraih Kemuliaan Seorang Muslim

4. Melatih komunikasi

Menulis itu seperti berbicara pada orang lain. Coba perhatikan jika bertemu dengan salah seorang kawan yang menulis artikel formal, ia sedikit banyak akan bicara sebagaimana apa yang ditulisnya. Bandingkan dengan kawan Anda yang menulis tulisan yang bersifat komedi, sedikit banyak berpengaruh pada aktivitas komunikasinya. Menulis membantu melatih komunikasi sehingga bisa berkomunikasi dengan baik dengan berbagai macam orang.

5. Memberikan penghasilan tambahan

Banyak orang “kolot” yang mengira hanya bisa mendapatkan uang dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil dan sejenisnya. Padahal, menulis juga bisa menghasilkan uang. Hal yang paling gampang Anda lihat adalah para penulis novel best seller dunia. Meskipun mereka mencapai itu tak serta merta, menulis bisa dijadikan ajang untuk mendapatkan penghasilan.

Baca Juga:  Uniknya Pantai Teluk Asmara

Apabila kamu tertarik berprofesi menjadi seorang penulis, yuk tingkatkan skill menulismu dengan cara mengasahnya lewat platform media sosial, maupun ikut kelas menulis.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA