Search

Uniknya Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara atau Teluk Asmoro merupakan salah satu destinasi wisata di Malang, Jawa Timur. Pantai ini dikelilingi hamparan pasir putih dan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekelilingnya. Banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai miniatur dari Raja Ampat di Pulau Jawa.

Objek wisata pantai Teluk Asmara diresmikan pada April 2017. Dinamakan demikian karena bentuk bukit kapur yang mengelilingi pantai ini menyerupai bentuk hati. Mengunjungi wisata ini, wisatawan dapat merasakan sensasi berlibur di pantai pribadi yang tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara
Untuk memasuki pantai ini pengunjung akan dikenakan harga tiket yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk berlaku baik untuk anak dan dewasa.

Pesona Keindahan Pantai Teluk Asmara
Kain putih hitam kotak-kotak banyak dipasang membungkus tiang-tiang yang terdapat di Pantai Teluk Asmara. Seperti pada tiang gapura loket karcis hingga tiang gazebo tempat berteduh dari terik matahari. Hal ini membuat kawasan wisata ini kental dengan nuansa khas Bali.

Baca Juga:  Ghibah Bisa Gelapkan Hati dan Dibenci Nabi

Suasana pantai yang tenang membuat wisatawan bebas melakukan berbagai aktivitas wisata.

Puluhan Anak Tangga Menuju Pantai
Untuk mencapai Pantai Asmara, wisatawan harus melewati puluhan anak tangga. Akses ini dibangun merayapi dan kemudian menuruni bukit untuk menikmati tepian pantai.

Di kanan dan kiri tangga, wisatawan dapat melihat tumbuhan khas yaitu pohon Cemara Udan. Selain di tempat ini, jenis cemara ini di Indonesia hanya ditemui di Pantai Lombang, Madura.

Pemandangan Ketinggian
Pantai Teluk Asmara yang menyuguhkan pesona gugusan pulau kecil yang rimbun dengan tumbuhan hijau. Pantai ini disebut-sebut sebagai ‘Raja Ampat-nya’ Malang karena keindahannya yang eksotis.

Untuk melihat keindahan panorama dari ketinggian, wisatawan harus naik ke atas bukit. Di atas bukit tersebut, wisatawan dapat bersantai menikmati panorama gugusan pulau dan laut birunya.

Baca Juga:  Wisata Bukit Ajimut, Sejarah Benteng Perjuangan Rakyat yang Terbengkalai

Dilihat dari atas, pulau-pulau kecil yang tersebar membentuk garis menyerupai bentuk hati. Dari sini muncul sebutan “Asmoro” dalam bahasa Jawa yang berarti asmara atau cinta.

Bermain Di Tepi Pantai Teluk Asmara
Suasana Pantai Asmara tak terlalu ramai, membuatnya pas untuk wisatawan yang menyukai ketenangan. Raja Ampat ala Malang ini memiliki pasir putih dan gradasi warna pantai yang apik. Perairan pantai berwarna biru cerah dengan beberapa karang-karang yang ditumbuhi pepohonan.

Wisatawan dapat menikmati deburan ombak sambil merebahkan diri di atas pasir putih nan bersih. Merasakan sejuknya semilir angin di bawah pohon, wisatawan merasa layaknya berada di pantai pribadi. Menikmati Teluk Asmara, wisatawan dengan keluarga biasanya suka bermain pasir di bibir pantai.

Untuk bersantai dan berteduh, wisatawan dapat memanfaatkan gazebo-gazebo yang disediakan. Area gua kecil di tepi pantai juga menarik untuk berlindung saat matahari terik. Wisatawan juga dapat menyewa tikar untuk dipakai sepuasnya sambil memandangi debur ombak pantai selatan.

Baca Juga:  Serunya Berlibur di Pantai Pasir Putih Bungatan Situbondo

Berenang & Snorkeling
Berada di wilayah teluk, Pantai Teluk Asmara memiliki perairan dengan ombak yang tenang. Hal tersebut memungkinkan wisatawan untuk berenang dengan santai tanpa perlu khawatir. Berlatar deburan ombak diantara dua bukit, perairan pantainya memiliki gradasi warna biru toska. Dengan air jernih dan psir putih bersih, berenang menjadi aktivitas wisata favorit.

Keindahan panorama Pantai Teluk Asmara bukan hanya wilayah pasir putihnya saja. Perairan pantai ini menyimpan pesona bawah laut yang memukau.

Dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang, memungkinkan wisatawan melakukan aktivitas snorkeling. Wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan bawah lautnya dengan aneka karang dan ikan berwarna-warni.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA