Search

Pesantren At Taufiqiyah Sumenep, Gelar Upacara HUT ke-77 RI ala Santri

Majalahaula.id – Pondok Pesantren At Taufiqiyah, Bluto, Sumenep melaksanakan upacara bendera perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/08/2022). Ada hal unik dan menarik dalam kegiatan yang dilaksanakan di halaman pesantren setempat itu, yaitu seluruh peserta upacara menggunakan sarung.

Kepala Pondok pesantren At Taufiqiyah Kiai Qudsi Hasyim yang bertindak sebagai inspektur upacara nampak berapi-api menyampaikan orasinya. Dengan setelan baju putih, jas hitam, peci hitam, sarung putih, dan kacamata, semakin menambah aura karismatik dalam dirinya.

“Merdeka!” ujarnya mengawali orasi di pagi itu.

Ia mengatakan, pelaksanaan upacara ini dikemas dengan memakai sarung ala santri untuk menunjukkan bahwa santri dari dulu hingga sekarang mempunyai peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Ansor di Bengkulu Gandeng Kemenag Gelar Mujahadah

“Acara ini kami tidak memakai celana, tapi memakai sarung. Ini menunjukkan bahwa santri dari dulu sampai sekarang memegang peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Dikatakan, ketika revolusi jihad digelorakan oleh Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari, maka detik itu juga santri-santri di Indonesia turut serta dalam upaya memperjuangkan tercapainya kemerdekaan Indonesia.

“Pasca revolusi jihad digelorakan, santri berada di garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ucap Kiai Qudsi.

Oleh karena itu, sebagai penerus bangsa hendaknya mempunyai tekad dan semangat yang kuat dalam merawat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kaum santri hendaknya terus menempati posisi-posisi penting dan strategis di negara Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga:  Lakpesdam dan TIM Database MWCNU Solokuro Lakukan Sosialisasi dan pembekalan DATABASE NU di Tingkat Ranting

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh Pengasuh Pondok Pesantren At Taufiqiyah KH Imam Hasyim. Turut serta pula seluruh pengurus pesantren, dewan guru, dan ribuan santri pondok pesantren setempat.

Tentang Pesantren

Pesantren At Taufiqiyah merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sumenep. Adapun belajar mengajar di ponpes ini menggunakan kurikulum yang berlaku di tambah dengan ilmu agama. Ada juga kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sekolah untuk santri seperti karate, basket, futsal, grup belajar dan lainnya.

Pesantren ini memiliki staf pengajar uztad/uztadzah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kabupaten Sumenep. Tersedia juga berbagai fasilitas seperti ruang kelas yang nyaman, asrama yang nyaman, laboratorium praktikum, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid dan lainnya.

Baca Juga:  9 Gus dan Ning Cilik Bacakan Ikrar Santri

Segera kunjungi ponpes terdekat ini untuk info pendaftaran, biaya pendaftaran, info biaya SPP, info kurikulum, info pesantren di Kabupaten Sumenep, nomor NPSN dan lainnya. Anda juga bisa menghubungi kontak atau mengakses website sekolah jika tersedia.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA