Search

PBNU dan Kementerian Agraria Teken MoU Penyelesaian Pertanahan NU

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (Foto: NU Online/Syakir).

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Gedung PBNU Lantai 8, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Nota kesepahaman itu berkaitan dengan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Asistensi Pencegahan dan Penanganan Permasalahan Pertanahan Nahdlatul Ulama.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri ATR/BPN Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah bersedia membantu mengatasi persoalan tanah milik NU.

“Kerja sama antara PBNU dan ATR akan menjadi salah satu pintu yang akan membawa NU ini ke dalam satu pencerahan yang luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga:  DPR Ingatkan Kekesalan Presiden Berbuah Reshuffle

Sebab, kata Gus Yahya, kerja sama ini bakal menghasilkan penyelesaian aset NU yang sangat besar.

“Karena ini nanti berkaitan dengan pendataan dan penyelesaian status aset-aset Nahdlatul Ulama yang sebetulnya besar sekali,” ujarnya.

Ia berharap kerja sama ini betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik oleh kedua belah pihak sehingga aset NU dapat terselamatkan.

“Mudah-mudahan kerja sama ini antara PBNU dam Kementerian ATR ini bisa sungguh-sungguh kita kerjakan sebagaimana mestinya,” katanya.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto mengungkapkan niatnya bersungguh-sungguh untuk membantu NU dalam menyelesaikan persoalan tanahnya yang berjumlah 6 juta bidang itu.

“Ini adalah sebagai modal untuk memajukan organisasi. Kita menginginkan NU semakin besar. Kami akan terus terang membantu berkomitmen dengan MoU itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Sekda Lampung Tengah: Kebut Persiapan Teknis, Fasilitasi Sukseskan Gebyar Muktamar ke-34 NU

Penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri Wakil Menteri ATR BPN Raja Juli Antoni dan Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa, Ketua PBNU H Amin Said Husni, Ketua PBNU KH Ahmad Fakhrurrozi, Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf, dan Wakil Sekretaris Jenderal Ai Rahmayanti.

Selain itu, turut hadir pula Ketua Badan Khusus Inovasi Strategis Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid, Ketua Lembaga Wakaf PBNU H Mardini, dan Sekretaris Lembaga Pendidikan Ma’arif Hariyanto Oghie.

 

Sumber: NUOnline

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA