Search

5 Mitos Cacar Monyet Paling Banyak Dipercaya Masyarakat, Benarkah Cuma Menular di Kelompok Gay dan Biseksual?

Sebelum itu, mari kita mengenal apa itu cacar monyet atau yang kerap disebut mongkeypox. Wabah ini dikonfirmasi pada 6 Mei 2022 di Britania Raya, yang diawali pada saat penduduk Inggris bepergian ke Nigeria di Afrika Barat, tempat penyakit ini bersifat endemis. Selama berada di sana, penduduk menunjukkan gejala dan tanda klinis yang konsisten dengan cacar monyet pada tanggal 29 April 2022.

Cacar monyet hingga saat ini masih menjadi kekhawatiran masyarakat. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia, (WHO) sempat menetapkan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global. Lebih dari 70 negara sudah terinveksi oleh penyakit cacar monyet ini. Berikut ini mitos cacar monyet yang masih dipercaya.

 

Monkeypox adalah virus baru

 

Monkeypox pertama kali didokumentasikan pada tahun 1958 di antara monyet penelitian, dan pada tahun 1970, kasus di antara manusia ditemukan di Republik Demokratik Kongo dan telah terkonsentrasi di negara-negara Afrika Tengah dan Barat seperti Kamerun, Republik Afrika Tengah, Gabon, Liberia, Nigeria, dan Sierra Leone. Ada juga kasus sesekali di Israel, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  Cacar Monyet Dinyatakan Darurat Kesehatan Globa

Akibatnya, sejumlah besar informasi sudah ada, yang mungkin meyakinkan beberapa orang. Misalnya, menurut WHO, vaksin cacar memiliki khasiat melawan cacar monyet, dan sudah ada vaksin yang dikembangkan. Selain itu, ada juga obat antivirus yang ada. Untuk informasi lebih lanjut tentang vaksin cacar monyet, kunjungi situs web CDC.

 

Monkeypox adalah infeksi menular seksual

 

Menurut Dr. Osmundson, Berpegangan tangan, menyentuh, memeluk, atau berciuman adalah cara lain penyebaran cacar monyet. Ini juga memungkinkan untuk menyebarkan kondisi melalui cairan tubuh atau seprai dan pakaian yang terkontaminasi, kata WHO.

Alasan lain cacar monyet dikaitkan dengan IMS adalah karena gejala cacar monyet dapat muncul di alat kelamin. Akibatnya, CDC meminta klinik IMS di seluruh negeri untuk memperhatikan gejala pasien mereka dan waspada terhadap kasus. Namun, virus tersebut tidak dianggap sebagai IMS.

Baca Juga:  Manthap.. Dosen UNUSA Jadi Satu-Satunya Dosen PTS Jatim Bukunya di Akuisisi BRIN

 

Monkeypox hanya menyerang pria gay dan biseksual

 

Kasus-kasus terdokumentasi yang terlihat telah menyebar melalui perjalanan internasional, dua pesta yang terdokumentasi, dan situasi lain yang melibatkan kontak kulit-ke-kulit yang dekat (seperti seks). Tapi ingat, monkeypox bukan IMS, dan Dr. Osmundson mengatakan siapa pun berpotensi tertular.

Kebetulan kasus yang tercatat sejauh ini secara tidak proporsional mempengaruhi komunitas tertentu seperti laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Namun, ini korelatif dan tidak berarti bahwa itu adalah infeksi khusus komunitas, kata David C. Harvey, direktur eksekutif Koalisi Nasional Direktur STD.

 

Monkeypox adalah COVID-19 berikutnya

 

Ya, monkeypox mengkhawatirkan, tetapi sangat berbeda dari COVID-19 dalam banyak hal. Pertama, ini bukan penyakit pernapasan: Ini menyebar melalui kontak dekat dengan orang atau partikel yang terinfeksi, menurut WHO. Meskipun dapat menyebar dengan menghirup tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, itu bukan penyakit yang menyerang sistem pernapasan seperti COVID-19.

Baca Juga:  Masker dari Lidah Buaya

Karena virus adalah bagian dari keluarga cacar, vaksin cacar (yang diterima sebagian besar orang dewasa di AS yang lahir sebelum tahun 1970) efektif melawan cacar monyet sampai batas tertentu. Jika Anda ingin tahu apakah Anda telah divaksinasi untuk cacar, Anda dapat menanyakan tentang status vaksinasi Anda dengan penyedia.

 

Monkeypox hanya menyerang orang-orang di negara-negara Afrika

 

Banyak orang di Twitter telah menunjukkan bahwa outlet berita yang meliput monkeypox menggunakan foto orang kulit berwarna — terutama orang kulit hitam dengan kasus monkeypox. Meskipun ini telah menjadi tren visual yang dominan, siapa pun dari ras dan warna kulit apa pun dapat tertular virus jika mereka melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Memang benar bahwa penyakit ini paling umum di negara-negara Afrika Tengah dan Barat, tetapi itu tidak berarti bahwa itu hanya mempengaruhi orang-orang dari negara-negara ini.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA