Search

Guru Miliki Peran Penting Wujudkan Madrasah Unggul

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan, guru memainkan peran penting dan strategis dalam rangka mewujudkan madrasah yang unggul dan kompetitif. Sebagai pemangku kepentingan utama dalam dunia pendidikan, guru perlu meningkatkan kompetensi dan keterampilannya agar selaras dengan tuntutan Era Revolusi Industri 4.0.

“Salah satunya adalah penguasaan dalam bidang teknologi pendidikan (education technology) untuk mendukung kegiatan pembelajaran,” katanya saat talkshow Kecakapan Berpikir Komputasional Menyongsong Madrasah Melek Digital pada Kamis (04/08/2022) di Panggung Utama Islamic Book Fair 2022, Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dia melanjutkan, karenanya, investasi dalam teknologi pendidikan baru harus dipasangkan dengan pelatihan guru yang memadai dalam penggunaan teknologi tersebut untuk memaksimalkan investasi.

Baca Juga:  Usai Divaksin, Presiden Jokowi Berpesan Tetap Jalankan Prokes

“Guru pada akhirnya tetap menjadi pemain paling penting dalam penyampaian pedagogi inovatif dan kemajuan lain dalam dunia pendidikan,” tegasnya.

Doktor lulusan UIN Jakarta ini turut mengapresiasi atas terbitnya buku Panduan Literasi Digital bagi Guru Madrasah dan Panduan Berpikir Komputasional bagi Guru Madrasah. Menurutnya, dua buku tersebut merupakan bacaan penting untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru madrasah agar selaras dengan tuntutan Era Revolusi Industri 4.0.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, guru madrasah sebagai garda terdepan dalam menyiapkan generasi masa depan, tentunya memiliki peran penting. Oleh sebab itu, guru madrasah harus memiliki kualitas dan kompetensi yang unggul, terlebih di bidang literasi digital.

Baca Juga:  Zannuba Ariffah Chafsoh Dirikan Pesantren Pemrograman

“Kita menghendaki guru madrasah yang memiliki kualitas dan kompetensi yang unggul. Kualitas guru yang unggul tentunya akan berdampak pula pada kualitas anak didik di madrasah,” kata Ramdhani.

Ramdhani menjelaskan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di madrasah adalah penguatan literasi digital dan peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

“Literasi digital pada madrasah akan memberikan penguatan pada kompetensi guru madrasah dengan tujuan utama menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi anak bangsa khususnya anak didik kita di madrasah,” ungkapnya.

Teknologi digital, lanjut Dhani, memberikan peluang yang memungkinkan peserta didik di madrasah untuk mengekspresikan diri mereka sebagai konsumen dan produsen konten digital. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA