Search

Siapkan Data Kemiskinan Ekstrem

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menyatakan, akurasi data menjadi hal yang diprioritaskan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Indonesia. Dirinya mengatakan, pemerintah menggunakan data spesifik dalam menangani kemiskinan ekstrem yakni data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Untuk penanganan kemiskinan ekstrem ini datanya kita gunakan data spesifik, spesial, namanya P3KE, P3KE ini adalah data yang data final dari triangulasi, pemutakhiran melalui penyortiran dari data-data yang ada,” katanya dalam keterangan pers usai rapat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (03/08/2022).

Data P3KE merupakan data yang berasal dari survei Badan Pusat Statistik, data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial, data pusat keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta data SDGs dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga:  Erick Dampingi Wapres Lihat Wajah Baru Sarinah

Muhadjir menyebutkan, data-data itu akan ditambah dengan data dari Kementerian Kesehatan serta sejumlah kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Nanti akan kita kompilasikan, kita cross di situ untuk memastikan siapa yang betul-betul menjadi target group dan by name, by address,” kata dia.

Ia menambahkan, hal ini juga menjadi kesempatan untuk mendata masyarakat miskin yang selama ini belum menerima bantuan sosial karena tidak memiliki nomor induk kependudukan.

“Ini adalah menjadi kesempatan untuk mengeksekusi mereka yg miskin ekstrem yang tidak ada NIK-nya, yang berarti selama ini tidak dapat bansos kita pastikan dapat bansos,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan, pemerintah akan mengusahakan agar seluruh masyarakat yang berhak dapat menerima bantuan sosial dalam rangka menghapus kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Baca Juga:  Jokowi Resmikan Masjid Erick dan Boy Thohir

“Semua yang berhak itu, diusahakan untuk dapat. Sementara data yang ada itu kita mengintegrasikan,” kata Kiai Ma’ruf.

Dirinya menyebutkan bahwa pemerintah menyebutkan akan mengusahakan agar seluruh masyarakat yang berhak dapat menerima bantuan sosial. Upaya itu dalam rangka menghapus kemiskinan ekstrem di Indonesia. Pemerintah, kata dia, sedang memperbaharui data masyarakat penerima bansos. Dengan demikian, mereka yang benar-ben

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA