Search

Progresivitas Kinerja Lembaga Jadi Titik Krusial Penilaian

Tahun 2022 ini menjadi kali ke-5 (lima) digelarnya ajang penganugerahan PWNU Jatim Award. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memutuskan untuk memberikan apresiasi kepada PCNU, MWCNU, RANTING NU Se-Jawa Timur, Lembaga dan Banom se-Jatim, serta Institusi NU (fasilitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi) khusus lainnya se-Jatim atas peran sertanya dalam menggerakkan roda organisasi yang progresif, amanah, modern dan transparan. PWNU Jatim Award sebagai model apresiasi dan penghargaan di lingkungan NU Jawa Timur yang sekaligus utntuk menemukan model layanan terbaik.

“Untuk tahun 2022 ini ada perubahan mendasar pada penilaian PWNU Jatim Award yakni menekankan pada progresivitas kinerja lembaga,” ungkap Ketua Tim PWNU Jatim Award 2022 Ir. M. Qoderi, MT. Qoderi menjelaskan kinerja kelembagaanya dinilai dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan yang didukung transparansi keuangan dan keadministrasian yang baik dan akuntabel.

Baca Juga:  Mengumpulkan Jenazah Muslim dan Non Muslim Dalam Satu TPU Dibahas dalam Muktamar ke-32 NU

Sebagai kriteria penilaian, data-data administrasi dan pengelolaan aset akan dibuat dalam bentuk Profil Kelembagaan seperti Profil Ranting, Profil MWC dan Profil PCNU. “Kriteria penilaian meliputi administrasi organisasi dan perkantoran, jumlah nggota dan sistem kaderisasi, program kegiatan, fasilitas layanan anggota dan Jama’ah NU, akselerasi kinerja kelembagaan, potensti pengembangan aset-aset perkumpulan, sistem pendanaan program dan manajemen pelaporan, sinergi dan koordinasi dengan lembaga, Banom serta badan lainnya, koordinasi dan kolaborasi program dengan pihak lain, pemerintah, ormas dan orpol,” jelas Qoderi.

Gunakan Penilaian Semi Aplikasi

Untuk tahun ini, Qoderi memastikan timnya masih menggunakan sistem semi aplikasi. “Karena data yang kita himpun jauh lebih besar perlu penataan digital yang lebih siap,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PWNU Jatim ini. Untuk proses pengisian aplikasi ini, tim akan diturunkan untuk melakukan pendampingan ke PCNU. “Proses pendampingan ini akan dilaksanakan hingga 22 Oktober mendatang,” tukasnya.

Baca Juga:  Resep Es Kopi Susu Cincau untuk Buka Puasa

Sementara proses upload, peserta diberi kesempatan hingga 9 November 2022. Dan pada 22 November akan diumumkan 9 Nominator PCNU terbaik per katagori PCNU dan 2 Nominator Lembaga serta BANOM cabang terbaik serta 2 Nominator Institusi Khusus Lainnya. “Setelah itu pada bulan Desember 2022 akan dilakukan visitasi lapangan nominator,” lanjut Qoderi.

Selanjutnya pada 7 Januari akan ditetapkan 3 Nominator PCNU Terbaik dan 2 Nominator PC Lembaga serta BANOM terbaik serta Nominator Khusus lainnya. “Lalu pada tanggal 14 hingga 21 Januari 2023 para nominator diberi kesempatan melakukan presentasi di hadapan juri,” ungkapnya. Sedangkan pengumuman PWNU Jatim Award dijadwalkan digelar di kantor PWNU Jatim pada 3 Februari 2023.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA