Search

Punya Mata Sensitif, Atlet Jonatan Christie Akui Mudah Alami Iritasi Saat Bertanding

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Atlet bulu tangkis Jonatan Christie mengaku kalau memiliki mata yang sensitif. Sehingga mudah mengalami iritasi hingga mata merah apabila kelelahan ataupun terpapar polusi udara.

Padahal sebagai pemain bulu tangkis profesional, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, mengatakan bahwa kesehatan mata sangat penting.

“Bulu tangkis butuh kecepatan. Mata kan penting banget, karena kalau mata kita enggak enak atau iritasi itu mengganggu banget, apalagi di pertandingan,” kata Jojo saat acara konferensi pers bersama Insto di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Bukan hanya di Indonesia, saat tengah bertanding di luar negeri pun peraih medali emas Asian Games 2022 itu mengaku juga sering alamiiritasi mata. Terutama ketika bertanding di negara Asia yang bersuhu panas.

Baca Juga:  Karya Mahasiswa Kedokteran jadi Lagu Jingle Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia

“Paling berat justru Asia karena panas, apalagi di Asia Tenggara, kayak kemarin habis dari Malaysia itu polusinya kurang lebih sama seperti di Indonesia jadi memang perlu persiapan yang lebih. Ini kan hal kecil, kelihatannya sepele, tapi bisa merusak hal yang besar. Jadi memang harus diperhatikan,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi mata iritasi jelang pertandingan, Jojo mengaku selalu membawa obat tetes mata ke mana pun akan pergi. Meski tidak pernah alami iritasi hingga dalam kondisi parah, tetapi Jojo cukup terganggu lantaran cukup sering alami gangguan kesehatan mata tersebut.

“Kalau parah banget, sih, nggak. Tapi memang sering, bisa dibilang konsisten. Seperti kalau kena debu, kena matahari terlalu lama, itu bisa membuat iritasi dan merah, itu enggak tahu kenapa,” cerita Jojo.

Baca Juga:  KH Zulfa Musthofa Banyak Aliran Mengaku Aswaja

Bila sudah begitu, Jojo hanya mengandalkan obat tetes mata untuk mengatasi iritasinya. Sejak dulu, ia mengaku enggan pilih-pilih obat.

“Dari dulu si Papa memang sediain Insto selalu taruh di kulkas. Memang apapun kadang tetes mata pasti selalu taruh di kulkas, tapi untuk saat ini karena ada Insto Cool, jadi nggak perlu ribet taruh di kulkas segala macam. Itu sangat membantu karena aku bukan tipe yang kalau mata sakit harus pakai obat ini, itu. Cukup pakai tetes mata,” ujarnya.

 

Sumber: suara.com

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA