Search

5 Daerah Andalan Wisata Halal di Indonesia

Bagi anda yang sedang mencari beberapa tujuan wisata halal di Indonesia, bisa banget nih mengunjungi beberapa tempat yang akan kami muat untuk anda.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Hal ini membuat pemerintah terus meningkatkan destinasi wisata halal di Indonesia untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman) muslim datang ke tanah air dan mendorong ekonomi pariwisata lokal.

1. Aceh

Pada tahun 2016, Aceh sempat mendapat penghagaan pada World Halal Tourism Award.

  • World’s Best Airport for Halal Travelers and World’s
  • Best Halah Cultural Destination dari World Halal Tourism Award

Selain itu, daerah yang dijuluki “Serambi Mekkah” ini semakin dikenal luas berkat keindahan bangunan masjidnya. Bukan hanya sarat akan nilai sejarah, sebagian besar arsitektur masjid di Aceh mengadopsi gaya Timur Tengah dipadukan dengan budaya lokal. Beberapa masjid yang terkenal, antara lain:

  • Masjid Agung Baitul Makmur
  • Masjid Haji Keuchik Leumiek
  • Masjid Raya Ruhama
  • Masjid Baiturrahman
  • Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya
  • Masjid Islamic Center Lhokseumawe
  • Masjid Oman Al-Makmur
  • Masjid Agung Babussalam Sabang
Baca Juga:  Indonesia jadi Percontohan Destinasi Wisata China

2. Lombok

Bicara soal pariwisata halal, Lombok wajib masuk dalam destinasi tujuan kamu nih. Keindahan alam dan sisi religius masyarakat begitu terasa di sini. Dijuluki Pulau Seribu Masjid, Lombok pernah menempati posisi teratas sebagai wisata halal terbaik di dunia menurut GMTI 2019. Juga menyabet penghargaan World Halal Tourism Award 2016 untuk kategori World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan World’s Best Halal Tourism Website.

Kelengkapan fasilitas ibadah serta penginapan dan restoran bersertifikat halal menjadi poin plus di Lombok. Ditambah lagi, ada puluhan situs heritage Islam dengan atraksi ramah muslim, paket wisata, dan event-event bertemakan Islam yang turut meningkatkan keinginan wisatawan menjelajahi setiap sudut wisata di Lombok.

3. Daerah Istimewa Yogyakarta

Sampai hari ini, Yogyakarta masih menjadi daerah istimewa karena sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan atau kesultanan. Itu sebabnya pemimpin tertinggi di Yogyakarta adalah sultan, bukan gubernur. Provinsi yang dijuluki Kota Gudeg ini termasuk satu dari sekian banyak tujuan yang ramai dikunjungi wisman setiap tahunnya, terutama turis muslim. Inilah yang membuat Yogyakarta menempati posisi keenam sebagai destinasi halal terbaik nasional setelah Lombok (Nusa Tenggara Barat), Aceh, DKI Jakarta, Sumatra Barat, dan Jawa Barat versi Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2019.

Baca Juga:  Tiket Kereta Api Lebaran 2023 Dijual Mulai 26 Februari

Pendekatan konsep syariah di setiap objek wisata Jogja seperti penyediaan sarana ibadah yang memadai, ketersediaan kuliner halal, dan akomodasi penginapan moslem friendly menunjukkan bahwa potensi pariwisata halal Jogja sangat besar. Terlebih, didukung dengan background Yogyakarta yang kental akan budaya Jawa dan memiliki andil cukup besar dalam sejarah perkembangan Islam di Nusantara. Sebagai bukti, berdirinya Masjid Gedhe Kauman, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Masjid Jogokariyan, Masjid Jami’ Pathok Negoro Plosokuning, Taman Sari Keraton Yogyakarta, dan tempat-tempat ziarah yang akan membuka khazanah sejarah Islam kamu nih.

4. Malang

Perpaduan kearifan lokal dan wisata religi di Kota Malang sangat menarik untuk dikulik. Sama seperti di Jogja, ada beragam pilihan destinasi yang terus dikembangkan untuk menjadi Center of Halal Tourism. Hal ini bukan hanya meningkatkan promosi pariwisata, juga membantu pengembangan ekonomi masyarakat berbasis local wisdom.

Wisata heritage, religi, kuliner, dan kampung-kampung tematik terus digerakkan pemerintah sebagai upaya membangun konsep pariwisata unik. Di samping itu, destinasi alam yang selama ini sudah populer lebih dulu juga digadang sebagai wisata ramah Islam dengan menyediakan sarana dan prasarana lengkap. Sehingga, ketika orang-orang datang ke Malang, ada daya tarik tersendiri yang membuat mereka betah berlama-lama di Kota Bunga ini.

Baca Juga:  Peduli Palestina, Yayasan AL Muslim Jawa Timur Salurkan Donasi Kemanusiaan Kepada Baznas Kab. Sidoarjo

5. Makassar

Siapa yang tidak tahu Pantai Losari? Landmark terkenal Kota Makassar ini memang punya keindahan yang membuat siapa saja takjub, terutama pada waktu senja ketika matahari terbenam. Di sekitar anjungan pantai tersedia spot cantik untuk berswafoto ria dan mencicipi jajanan khas Sulawesi Selatan seperti jalangkote, pallu butung, dan pisang epe.

Masih berada di kawasan Pantai Losari, kamu juga bisa menikmati pesona Masjid Amirul Mukminin atau dikenal dengan masjid terapung. Tak lupa, menengok megahnya bangunan Masjid 99 Kubah yang arsitekturnya dirancang oleh Ridwan Kamil. Masjid tersebut diklaim sebagai titik tengah Indonesia (Center Point of Indonesia).

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA