Search

Menyelami Alam Bawah Laut Menakjubkan di Manado

Bunaken merupakan taman nasional yang telah ditunjuk oleh Menteri Kehutanan di tahun 1991 sebagai objek wisata. Memiliki lokasi yang menjadi perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia. Terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun hingga terumbu karang dan ekosistem daratan ataupun pesisir. Pulau yang ada di dalamnya ini memang kaya akan flora dan fauna dimana Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera atau genus karang hidup dengan dominasi jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Ada sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini. Misalnya saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning hingga ila gasi.

Mereka yang datang menikmati wisata bawah laut juga tidak hanya dari wisatawan lokal saja melainkan dari luar negeri atau wisatawan mancanegara. Sekali lagi membuktikan bahwa pariwisata di Indonesia memang memiliki daya tarik dunia. Di tempat ini juga banyak kegiatan wisata bahari yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari diving, snorkeling, berjemur dan berenang. Ada juga diving ceter yang beranama Dragonet dan pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken. Tempatnya berada di pantai Kalase, tepatnya di pinggir kota Manado. Sail Bunaken sendiri memecahkan rekor MURI dengan lebih dari 2000 penyelam yang turut serta mengikuti upacara bendera di dasar laut.

Baca Juga:  Berburu Oleh-oleh di Pasar Ka’kiyah Makkah

Sementara dari pemilik Dagonet Diving Center sendiri mempekerjakan instruktur selam yang sudah bersertifikasi SDI atau Scuba Diving International. Dragonet sendiri menawarkan pelajaran menyelam untuk pemula.

Tempat wisata ini berada di wilayah Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado. Sementara di sebelah utara taman nasional, ada pulau Bunaken, Montehage, Manado Tua, Nain Kecil, Siladen dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok.

Rute & Harga Tiket

Bagi wisatawan yang ingin ke TN Bunaken bisa naik pesawat menuju kota Manado terlebih dahulu. Barulah dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Manado menggunakan taksi sebagai angkutan yang paling cepat.

Nantinya dari Manado akan diarahkan menuju pelabuhan Marina Blue Banter. Setelah itu, pengunjung bisa menggunakan kapal untuk berangkat ke Pulau Bunaken yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Barulah nanti anda bisa menikmati berbagai keindahan yang ada di wilayah ini.

Baca Juga:  Museum Al Quran Terbesar di Dunia Ada di Palembang

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Bunaken tidaklah menguras kantong. Hanya dengan Rp. 5000 saja sudah bisa masuk tempat wisata. Namun akan sangat mahal untuk turis asing yang datang dengan harga Rp. 150.000. sementara untuk melakukan aktivitas snorkeling, pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp. 150.000 untuk menyewa peralatan selam dengan waktu satu jam.

Harga yang dikeluarkan tidak akan terasa berat jika pengunjung sudah melihat bagaimana keindahan alam yang ada di bawah laut Bunaken ini. Belum lagi adanya fasilitas dan akomodasi yang berupa hotel di kawasan Bunaken. Sudah tersedia dengan berbagai pilihan yang bisa memudahkan pengunjung untuk memilih hotel terbaik. Ada juga penyewaan selam dimana pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk jaminan keselamatan dan keamanannya karena dilengkapi instruktur terbaik untuk para wisatawan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA