Search

Menikmati Birunya Laut dan Kesejukan Air Terjun Jogan

Pantai Jogan berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Disini tak ada hamparan pasir putih ataupun pasir coklat, yang ada hanyalah tebing indah dengan hiasan air terjunnya

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Pengantin, karena konon katanya jika kamu mandi di bawah air terjun tersebut bisa cepat dapat jodoh.

Pantai Jogan menjadi deretan pantai unik yang ada di Gunung Kidul, informasi mengenai pantai-pantai lain yang ada dapat kamu temukan di NativeIndonesia.com.

Pantai ini termasuk pantai tebing, layaknya Pantai Kesirat yang ada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Hanya bedanya di Pantai Jogan kamu bisa mendekat ke arah pantainya, sedangkan di Pantai Kesirat tidak.

Baca Juga:  Semarak Festival Kupatan di Lamongan

Lokasi Pantai Jogan berada sekitar 10 hingga 15 menit dari Pantai Siung ke sebelah barat, meski begitu pantai ini belum begitu populer di kalangan wisatawan.

Lokasi & Alamat Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan berada di antara Pantai Nglambor dan Pantai Siung di sisi timur, dan Pantai Timang di sisi sebelah barat.

Alamat Pantai Jogan sendiri terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Jogan

Untuk menuju Pantai Jogan jika dari pusat Kota Jogja akan menempuh jarak sekitar 79 km dengan estimasi waktu kira-kira 2 jam perjalanan.

Rute yang dapat dituju yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, ketika tiba di perempatan jalan ambil ke arah selatan melewati Jl. Brigjen Katamso.

Baca Juga:  Kunjungan ke Cepu, Mampirlah ke Taman Seribu lampu

Kemudian tetaplah berada di jalur Pantai Selatan Jawa, sebelum tiba di Pantai Jogan kamu akan melewati Pantai Siung terlebih dahulu.

Pantai Jogan berada di sebelah kiri, ketika memasuki jalur Pantai Jogan kondisi jalan tak begitu mulus. Keadaan jalannya masih berbatu, hingga akhirnya kamu tiba di parkiran Pantai Jogan.

Tiket Masuk

Ketika berada di Pantai Jogan sendiri, ada beberapa biaya yang harus kamu keluarkan, yakni:

  • Ketika menuruni tangga menuju aliran air terjun dengan membayar Rp. 4.000,-
  • Biaya parkir motor Rp. 3.000,-
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Jam Buka dan Fasilitas

Tidak ada ketentuan jam operasional dari Pantai Jogan ini, artinya pantai ini dibuka selama 24 jam nonstop mulai hari Senin hingga Minggu.

Baca Juga:  Satu Wisata Puluhan Spot Alam Menarik, Kunjungi Dusun Bambu di Bandung

Namun, mengingat jalan menuju lokasi belum dilengkapi lampu penerangan jalan maka sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar.

Fasilitas di Pantai Jogan masih belum banyak, bukan berarti tidak tersedia apa-apa. Fasilitas yang ada di Pantai Jogan diantaranya: Area parkir kendaraan, toilet, warung makanan dan minuman, gazebo, dan spot foto.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA