Search

Pemuda Asal Bontang Sukses Buat Ekosistem Digital UMKM

Kahar Muzakkir, merupakan pemuda asal Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Kota Bontang yang memiliki bekal ijazah D3 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Namun demikian, dia berhasil membentuk ekosistem UMKM digital di kampung halamannya dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kahar membantu pengembangan UMKM lokal Bontang melalui ekosistem digital bernama Borneos.co yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha kecil agar tumbuh dan berkembang.

Alumni SMK Negeri 1 Bontang ini bercerita, dorongan untuk menghadirkan wadah bagi pelaku UMKM ini berangkat dari pilihan hidupnya untuk menjadi pengusaha, ketimbang menjalani profesi sesuai bidang ilmu yang dimiliki yaitu fisioterapis. Menurut Kahar, menjadi pengusaha merupakan jalan hidup yang diimpikan dan telah dirintis sejak bangku perkuliahan.

Selama mengenyam pendidikan tinggi di Surabaya, Kahar kerap mencari peruntungan dengan membuka berbagai usaha. Mulai dari berjualan daring, menjadi trainer komunikasi publik, persewaan elektronik, hingga mengikuti program Google Gapura Digital yang digagas Google untuk membantu pengembangan UMKM go Digital.

Baca Juga:  21 Juta UMKM Terdaftar di E-Commerce, Sandiaga: Target Presiden 30 Juta

Berkat kemampuan dan pengalamannya, Kahar turut membimbing kurang lebih 200 lebih UMKM Kota Surabaya setiap pekan, agar para pelaku usaha kecil dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan potensi penjualan secara digital.

“Jadi kami membimbing pelaku UMKM untuk memanfaatkan fitur yang ada di Google guna meningkatkan potensi usaha, sehingga mereka tak hanya berjualan atau promosi secara offline tapi juga online,” kata Kahar.

Akhir 2018, Kahar kembali ke kampung halamannya di Bontang. Dia ingin memanfaatkan ilmu yang selama ini terasah di perantauan agar bisa bermanfaat bagi warga Bontang.

Kegelisahan Kahar bermula saat melihat tingginya angka pengangguran di Kota Bontang, ditambah kemunculan pandemi Covid-19 yang makin memperparah kondisi di masyarakat banyak kehilangan pekerjaan akibat pembatasan aktivitas.

Melihat kecenderungan masyarakat yang merubah kebiasaan belanja langsung menjadi transaksi daring selama pandemi, akhirnya dimanfaatkan Kahar dengan menghadirkan standar pelayanan prima melalui jasa kurir lokal dengan nama Bontang Ojek (Bonjek).

Baca Juga:  Sandiaga Uno Dorong UMKM Berbasis Digital

Melalui gagasan ini, Kahar pun mampu mengakomodasi puluhan masyarakat mendapatkan pekerjaan baru sebagai kurir Bonjek, untuk jasa pengantaran dari rumah ke rumah maupun pesan antar berbagai kebutuhan masyarakat dengan ribuan order setiap bulan.

“Selain memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat, kehadiran Bonjek juga untuk mensupport kebutuhan masyarakat saat pandemi termasuk usaha rumahan agar tetap produktif berjualan,” tutur Kahar.

Hal ini kemudian menarik minat PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) untuk berkolaborasi menghadirkan ekosistem digital bagi pelaku UMKM Bontang. Gagasan tersebut akhirnya dituangkan melalui inisiasi Komunitas Digital bertajuk Borneo pada awal 2022. Dari kolaborasi tersebut, terbentuklah marketplace Borneo Online Store atau disingkat Borneos.co yang memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM menjual produk sekaligus masyarakat untuk mengakses berbagai kebutuhan dalam satu wadah. Untuk mengakses Borneos.co, pelanggan juga tak perlu menginstal aplikasi di smartphone, karena marketplace yang dihadirkan berbasis website.

“Kini Borneos.co sudah memfasilitasi ratusan UMKM lokal dengan berbagai produk didalamnya,” kata Kahar.

Baca Juga:  Ibu-ibu Nelayan di Banyuwangi Olah Ikan jadi Produk Bernilai Jual

Para pelaku UMKM yang bergabung di Borneos.co dibekali berbagai kemampuan untuk pengembangan bisnis, mulai dari tata cara foto produk yang menarik, cara memasarkan lewat sosial media hingga dasar-dasar bisnis seperti menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), membuat laporan keuangan, serta cara memisahkan keuangan pribadi dan bisnis.

Berbekal pengalamannya pada program Google Gapura Digital, Kahar juga rutin memberikan edukasi bagi pelaku UMKM Bontang yang tergabung di Borneos untuk memanfaatkan fitur yang tersedia di platform Google Bisnis. Hal ini guna memaksimalkan promosi produk agar lebih dikenal publik, dengan pengenalan dan pendampingan lebih dalam.

Selain itu, para pelaku usaha juga bisa melakukan evaluasi perkembangan hasil pencarian produk yang telah didaftarkan di Google Bisnis, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk meningkatkan potensi penjualan dan menarik minat pelanggan.

“Bekal ini yang terus kami berikan bagi pelaku UMKM lokal, sehingga daya saing dan penjualan produk semakin meningkat dengan memaksimalkan fitur digital yang tersedia,” katanya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA