Search

Wisata Edukasi di Jawa Barat, Cocok Jadi Rekomendasi Libur Sekolah

Momen libur sekolah tengah dinikmati pelajar di Indonesia. Untukmu yang berada di daerah Jawa Barat ada 5 wisata edukasi yang bisa jadi rekomendasi berlibur.

Dilansir dari akun media sosial @disdikjabar simak rekomendasi tempat wisata edukasi berikut!

1. Istana Bogor

Tempat pertama yang bisa jadi rekomendasi berasal dari Kota Bogor yakni Istana Kepresidenan Bogor atau lebih akrab disebut Istana Bogor. Selain menikmati kemegahan bangunannya, ada banyak edukasi yang bisa didapat dari tempat ini.

Di antaranya adalah arsitektur neoklasik dan indische empire bangunannya, kemudian juga habitat flora dan fauna yang beragam hadir di sana. Untuk pengunjung yang ingin memasuki istana, ada beberapa syarat dan aturan yang harus dipenuhi.

Pertama tidak boleh membawa kamera, memotret di dalam istana, dilarang membuat gaduh, dan membawa makanan serta minuman.

Baca Juga:  Khusnul Harapkan 882 Guru PPPK Tingkatkan Pendidikan di Surabaya

2. Observatorium Bosscha

Wisata edukasi selanjutnya adalah Bosscha yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1923.

Sedangkan nama Bosscha diambil dari nama pengusaha yang mendonasikan kekayaannya yaitu Karel Albert Rudolph Bosscha.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk mengisi waktu libur sekolah anak. Sebab sebagai bangunan peninggalan sejarah, pada 2004 pemerintah menyatakan Bosscha adalah salah satu cagar budaya.

Lalu di tahun 2008 ditetapkan sebagai salah satu objek vital nasional yang harus diamankan. Di sana anak bisa banyak mendapatkan edukasi seputar peneropongan bintang dan lainnya.

3. Gedung Sate

Selanjutnya ada wisata edukasi Gedung Sate yang menjadi bangunan bersejarah di Kota Bandung. Dulunya tempat ini merupakan kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang bernama Gouvernements Bedrijven.

Baca Juga:  Indonesia-Singapura perkuat kerja sama bidang pendidikan dan SDM

Dengan mengajak anak ke Gedung Sate dapat memperkenalkan sejarah Jawa Barat. Diantaranya pemerintahannya, hingga arsitektur gedung yang mengadopsi budaya Eropa, Asia, dan Nusantara. Untuk bangunan dengan sentuhan Eropa akan kalian temui pada dua ruangan besar atau ballroom di bagian Timur dan Barat.

4. Keraton Kasepuhan

Lanjut ke wisata edukasi selanjutnya yang juga cocok untuk mengisi waktu libur sekolah yakni Keraton Kasepuhan di Cirebon. Tempat ini merupakan peninggalan kerajaan Cirebon, di sana berdiri dua kompleks bangunan yaitu Dalem Agung Pakungwati yang didirikan tahun 1430 oleh pangeran Cakrabuana dan kompleks Keraton Pakungwati yang didirikan tahun 1529 oleh pangeran Mas Zainul Arifin.

Tentu tak salah jika memilih tempat ini saat liburan sekolah. Keraton yang berada di kelurahan Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon ini memiliki museum benda-benda kuno yang bisa menambah pengetahuan.

Baca Juga:  Kemendikbudristek Komitmen Benahi Iklim Lingkungan Belajar demi Tingkatkan Kesejahteraan Anak

5. Candi Jiwa Karawang

Terakhir adalah Candi Jiwa Karawang yang berada di Kabupaten Karawang. Di sana terdapat bangunan purbakala peninggalan agama Buddha. Meski tak terlalu besar namun ini memudahkan pengunjung melihat seluruh sisi bangunan.

Mengajak anak saat libur sekolah ke Candi Jiwa bisa mengajarkan tentang kebudayaan dan arsitektur. Selain itu, candi ini memiliki bentuk unik menyerupai bunga teratai namun tidak memiliki pintu ataupun anak tangga

Nah, itulah 5 rekomendasi wisata edukasi di Jawa Barat untuk mengisi waktu libur sekolah. Tak hanya liburan tentunya di sana anak tetap bisa mendapatkan nilai edukasi, baik dari sisi kebudayaan, arsitektur dan lainnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA