Search

Jokowi Kurban 35 Ekor Sapi, Terberat 1,4 Ton

Sapi kurban dari Presiden Jokowi seberat 1,2 ton di Masjid Al Akbar Surabaya pada Idul Adha tahun 2021 lalu. (Foto: Detik.com)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Idul Adha tahun ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkurban 35 ekor sapi seberat sekitar satu ton. Sapi-sapi kurban itu akan disalurkan Jokowi satu provinsi satu ekor, termasuk di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi mengirim satu sapi untuk setiap provinsi. Ia juga mengirim satu sapi khusus untuk disembelih di Masjid Istiqlal. “Per provinsi satu, beratnya kurang lebih kita harapkan 800 kilogram sampai satu ton. Ada yang tadi di daerah NTB itu 1,4 ton. Jakarta ada dua tempat, Masjid Istiqlal dan Islamic Center Jakarta Utara,” kata Heru dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat kemarin.

Baca Juga:  Presiden Yakin, Pekan Depan Harga Minyak Goreng Terjangkau

Heru menyampaikan sapi-sapi Jokowi akan diserahterimakan kepada gubernur tiap-tiap provinsi esok hari. Setelah itu, sapi-sapi Jokowi akan diantar ke masjid-masjid yang ditunjuk gubernur. Sapi-sapi Jokowi telah melewati pemeriksaan kesesuaian syariat oleh Kementerian Agama. Para hewan kurban itu juga telah melewati pemeriksaan kesehatan oleh Kementerian Pertanian

Heru mengatakan, sapi-sapi Jokowi juga sudah dipastikan bebas penyakit mulut dan kuku. Dia berkata sapi-sapi Jokowi telah dipisahkan dari hewan ternak lainnya. “Diawasi unsur staff dari Dinas Pertanian supaya sehat, gemuk, dan tidak tertular [PMK]. Istilahnya sudah dipingit,” ucap Heru.

Di Surabaya, sapi kurban Jokowi akan diserahkan dan disalurkan melalui panitia kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Informasi diperoleh, sapi kurban Jokowi akan tiba di masjid kebanggaan warga Surabaya itu pada Sabtu sore ini.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PC LP Ma’arif NU Lampung Tengah Gelar Rapat Koordinasi

Sapi kurban dari Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya berjenis Simental dengan berat 1,2 ton. Sapi kurban Jokowi ini dibeli dari peternak bernama Dandy Narindra, asal Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Selain Jokowi, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur juga berkurban yang disalurkan melalui Masjid Al Akbar. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berkurban satu ekor sapi seberat satu ton jenis Simental berwarna merah. Sapi kurban Khofifah dibeli dari peternak bernama Budiono, asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Adapun Wagub Jatim Emil Dardak berkurban satu ekor sapi jenis Simental warna merah seberat 950 kilogram. Sama dengan Khofifah, Emil juga membeli sapi kurbannya dari Budiono, asal Desa Kanten, Kec. Trucuk, Kab. Bojonegoro.

Baca Juga:  Konser Cinta Menuju Lailatul Qadar

Informasi dari panitia, pemotongan hewan kurban akan berlangsung pada hari Senin (11/07/2022) mulai pukuk 06.00 di area lantai dasar Masjid Al Akbar. Daging kurban yang sudah diproses akan didistribusikan berdasarkan data pengajuan dari kelurahan sekitar Masjid Al Akbar serta pengajuan lembaga sosial yang sudah diverifikasi. Panitia tidak membagikan daging kurban di masjid, melainkan langsung dikirim ke penerima.

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA