Search

Ansor Indramayu Lakukan Seleksi Magang ke Jepang

Ratusan kader GP Ansor dari berbagai daerah di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengikuti seleksi program magang kerja ke Jepang. Acara dipusatkan di SMKN 2 Indramayu, 20 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022.

“Program magang ke Jepang merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan Internasional Manpower Development Organization Japan atau IM Japan serta GP Ansor,” kata Ketua PC GP Ansor Indramayu, Edi Fauzi, Kamis (23/06/2022).

Kerja sama untuk meningkatkan kompetensi para generasi muda di Indonesia termasuk di Indramayu. Kali ini antara lain dengan melibatkan kader Ansor bahkan dari luar kota.

Edi Fauzi juga mengapresiasi Program Rekrutmen 1000 Peserta Magang di Jepang dari Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, yang disalurkan di Indramayu.

Baca Juga:  Ansor Kudus Lakukan Seleksi Magang ke Jepang

“Wujud kerja sama ini adalah penerimaan tenaga pemagang yang berasal dari Indonesia untuk dididik dan diberi pengetahuan tentang etos kerja, disiplin dan pengetahuan di bidang teknik, di perusahaan menengah yang ada di Jepang,” terangnya.

Ia memaparkan, proses seleksi untuk IM Japan sendiri dimulai dari matematika dasar. Tahapan selanjutnya adalah tes ketahanan fisik, kemudian seleksi wawancara dan pengecekan berkas dokumen pribadi. Selama proses rekrutmen, menggunakan sistem gugur, artinya peserta yang tidak berhasil lolos pada satu tahapan maka dinyatakan tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya.

“Saat ini tercatat 185 peserta yang mendaftar, panitia telah melakukan seleksi awal, terutama dalam persyaratan umum seperti lulusan minimal SMA/SMK dan sederajat, serta usia antara 18 tahun hingga 26 tahun,” jelasnya

Baca Juga:  Muslimat NU Bekasi Salurkan Bantuan Korban Banjir

Selain bertujuan mendorong terciptanya distribusi kader secara baik dan benar, juga penguatan kemandirian ekonomi anggota Ansor. Termasuk penguatan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Jepang.

“Program tersebut juga dalam rangka mendukung program Indramayu Bermartabat dalam rangka perluasan kesempatan kerja untuk pemuda,” pungkasnya.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA