Search

Solidkan Komando, Banser Gelar Rakornas di Pasuruan

Tantangan yang dihadapi Barisan Ansor Serbaguna atau Banser semakin berat seiring zaman yang terus berkembang. Karenanya diperlukan kesamaan komando demi memastikan dapat menyelesaikan aneka tantangan yang semakin kompleks.

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) melakukan konsolidasi kekuatan dengan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Tengger Bromo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sejak Kamis hingga Sabtu (16-18/06/2022).

Kali ini kegiatan mengambil tema besar “Satukan Hati, Pikir dan Langkah untuk Aswaja an-Nahdliyah dan NKRI” yang dibuka Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas.

“Rakornas Banser ini dihadiri oleh delegasi Satkorwil Banser se-Indonesia untuk membahas beberapa isu strategis keislaman dan keindonesiaan,” kata Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, H Hasan Basri Sagala, Sabtu (18/06/2022).

Baca Juga:  Kompak, Ribuan Warga Hadiri Istighatsah Ranting NU-Ansor di Batuputih

Rakornas menurut komandan muda yang merupakan putra mursyid thariqoh di Sumatera itu sebagai upaya strategis organisasi menguatkan gerakan satu komando Banser.

“Sebagaimana perintah ketua umum PP GP Ansor, Satkornas harus memperkuat kapasitas kader dan menguatkan nilai serta doktrin satu komando yang ada di satuan kita,” katanya.

Disampaikan bahwa setelah kegiatan Satkornas Banser, maka kepengurusan atau satuan di bawahnya untuk melakukan rapat koordinasi serupa di tingkat wilayah hingga level cabang.

“Hal tersebut berguna untuk memperkuat penerapan doktrin satu komando di lapangan,” terangnya.

Disampaikan bahwa harapan ke depan, seluruh Kasatkorwil di Indonesia untuk mengadakan rakorwil, rakorcab.

“Hal tersebut guna menindaklanjuti hasil Rakornas dan terwujudnya doktrin satu komando di lapangan,” jelas dia.

Baca Juga:  Menag: Pelayanan di Arafah Jauh Lebih Baik

Rakornas sendiri adalah agenda rutin organisasi yang diselenggarakan setiap tahun. Dan tahun ini menurut Hasan Basri Sagala ditempatkan di Pasuruan.

“Pertimbangan utamanya adalah karena lokasi strategis di Jawa Timur dan merupakan daerah dengan potensi yang besar,” tegasnya.

Kegiatan berlangsung semarak dan diikuri sejumlah utusan dengan membahas beragam isu strategis yang dapat ditindaklanjuti kepengurusan di bawah.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA