Search

Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Panggil Sejumlah Tokoh dan Menteri

Presiden Jokowi dan Megawati. (Foto: VOI)

Sejumlah tokoh dan menteri dipanggil ke Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa kemarin. Mereka dipanggil di tengah santernya isu perombakan cabinet atau reshuffle yang dikabarkan akan diumumkan Jokowi pada hari ini, Rabu (15/06/2022).

Dilaporkan CNNIndonesia.com, mereka yang hadir di Istana di antaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menhan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan lainnya.

Semuanya memasang sikap irit bicara ketika ditanya wartawan soal kedatangan mereka ke Istana. “Enggak ada, enggak ada,” kata Lutfi.

Di bagian lain, ada ‘nama besar’ yang diisukan akan terguling dalam proses perombakan kabinet atau reshuffle. Kehadiran sejumlah tokoh dan menteri ke Istana itu kian menguatkan isu tersebut. Soal ‘nama besar; itu disampaikan Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo mendengar soal rencana reshuffle ini. Dradjad mengatakan 15 Juni diperkirakan menjadi tanggal pilihan Jokowi me-reshuffle kabinet lantaran jatuh pada Rabu Pahing.

Baca Juga:  Fadli Zon: Menteri Diharap Jangan Gaduh

Sekadar diketahui, Jokowi memang terbiasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Pahing. “Memang akhir-akhir ini di kalangan elite politik beredar spekulasi bahwa Rabu, 15 Juni ini, Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet,” kata Dradjad kepada wartawan dikutip dari Detik.com.

Dradjad Wibowo kemudian berbicara ada nama besar yang akan terguling dari kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Dia tidak menyebut siapa nama besar yang dimaksud. Namun, spekulasinya pemberhentian nama besar itu bakal berimbas pada situasi politik nasional. “Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional,” tandasnya.

Dradjad menyebut selalu diberi tahu oleh sumber kunci di Istana terkait reshuffle. Namun kali ini dia mengaku belum diberi informasi tersebut. “Jika akan terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal Pak Jokowi. Per hari ini sahabat tersebut belum memberi info terkait reshuffle,” ujarnya.

Baca Juga:  Saatnya Produk Lokal Harus Siap Bersaing

Sejauh ini, sudah ada beberapa pejabat yang datang ke Istana. Mereka adalah Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri ATR Sofyan Djalil dan Surya Tjandra.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal mengisi pos Kementerian ATR/BPN atau Kementerian Perhubungan. Dua pos tersebut dikabarkan bakal diisi oleh Hadi ataupun perwakilan PAN, yaitu Ketua Umum Zulkifli Hasan. Politikus di kalangan partai pendukung Presiden Jokowi mendengar kabar reshuffle kabinet yang melibatkan lima pos kementerian.

NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA