Search

Sandiaga Beri Tips Sukses pada Pengusaha Muda

ilustrasi gambar Menparekraf Sandiaga Uno (Instagram sandiuno)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, kunci menggapai Indonesia Emas 2045 adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Ada tiga kunci di sini, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Terlebih di hadapan saya ini banyak pengusaha muda yang menjadi harapan bangsa maka tiga kunci ini harus menjadi pegangan,” ujar Sandiaga, Minggu (12/6/2022).

Sandiaga mengingatkan Indonesia Emas 2045 sudah diimpikan sejak lama dan saat ini tengah dalam perjalanan untuk segera diwujudkan. Dia pun mengajak pengusaha muda lebih jeli dan cepat melihat peluang.

Pengusaha juga harus gerak cepat (Gercep). Sebab, sebuah peluang datang dan perginya sangat cepat. Kedua adalah gerak bersama (Geber) dan terakhir, Garap semua potensi online (Gaspol),” jelasnya.

Baca Juga:  Bangkitkan UMKM, Fatayat NU Tangerang Gelar Bazar

“Sekarang ini segala sesuatunya sudah berhubungan dengan online. Banyak sektor sudah pindah haluan ke online. Kalau tidak begitu, kita akan ketinggalan,” imbuh Sandiaga.

Sandiaga mencontohkan perkembangan proses penjualan produk UMKM dari yang semula dijajal ditoko-toko, namun karena adanya platform digital, para pelaku usaha bisa menjajalkan produknya melalui market place. Tentu dari sisi jangkauan menjadi lebih luas.

Lebih dari itu, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, terdapat beberapa tantangan dan pekerjaan rumah bagi pengusaha muda, yakni mengembangkan sektor ekonomi kreatif dibidang game developer, aplikasi, dan hal-hal yang berhubungan dengan media bisnis.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA