Search

Puluhan Mahasiswa STAI Al-Fithrah Surabaya Kunjungi Aula Media Grup

Surabaya – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fithrah Surabaya melakukan kunjungan ke kantor Aula Media Grup (AMG), Rabu (08/06 2022).

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut dilakukan di lantai 4 kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Jalan Masjid Al-Akbar Timur 9 Surabaya. Ada puluhan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk Iksan Kamil Sahri selaku dosen pembimbing.

“Kunjungan ini dalam rangka studi banding dan pembelajaran nyata kepada para mahasiswa, mengenai teknis serta cara kerja jurnalistik baik pada media cetak maupun media maya,” kata Iksan Kamil Sahri saat sambutan.

Pria yang juga pegiatan di Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Lakpesdam Nahdlatul Ulama Jawa Timur tersebut menyatakan bahwasannya pembelajaran nyata seperti ini penting untuk dilakukan. Apalagi untuk mahasiswa agar memiliki pengalaman langsung dalam kejurnalistikan.

Baca Juga:  SMK PGRI 2 Ponorogo Kunjungan Industri ke AMG

“Mahasiswa sudah tidak zamannya banyak belajar di kelas, tetapi harus di luar, terlebih materi-materi yang sifatnya membutuhkan terjun langsung,” katanya.

Selama kegiatan, peserta diterima oleh Pemimpin Redaksi Majalah Aula, Syaifullah. Dia menjelaskan secara panjang lebar terkait pengetahun dasar jurnalistik dan dilanjut dengan tanya jawab.

“Kami tentu sangat senang atas kehadiran mahasiswa Al-Fithrah dalam rangka belajar dan berdiskusi bersama,” katanya.

Pada sesi awal, pria kelahiran Probolinggo tersebut mempaparkan mengenai perjalanan Majalah Aula. Mulai dari sejarah, cara kerja, hingga bagaimana media ini bisa pertahan dan melakukan pengembangan usaha.

Tidak lupa dirinya menyampaikan bahwa jurnalistik memiliki lima proses yang harus dilalui. Dan hal itu dapat juga diduplikasi dalam keseharian, termasuk bagi mahasiswa saat kuliah untuk meraih sukses.

Baca Juga:  Ditunda, Jabar Terapkan Masuk Sekolah Jadi 12 Mei 2022

“Kelima proses jurnalistik itu adalah planning atau perencanaan, reportase, writing, editing dan publishing.

“Perencanaan merupakan sesuatu yang begitu penting. Karena pada tahap awalan ini, kita harus menjadwal, membayangkan serta merencanakan tulisan kita dengan baik, termasuk mengenai apa yang akan ditulis, target, maupun goalnya,” terangnya.

Syaifullah meyakinkan bahwa jika menguasai 5 tersebut, para mahasiswa pasti akan sukses, baik dalam perkuliahan maupun lainnya.

“Saya berharap antara Aula dan STAI Al Fithrah dapat menjalin hubungan baik serta kerja sama yang berkesinambungan,” harap dia.

Penulis: Muhammad Romli

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA