Search

Lomba Tumpeng Meriahkan Harlah NU di Purworejo

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan lomba tumpeng tingkat kabupaten. Acara dipusatkan di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Purworejo, Sabtu (28/05/2022).

“Lomba tumpeng itu digelar dirangkai dengan kegiatan peringatan hari lahir ke-72 Fatayat NU ke- 72, khatmil Quran dan halal bihalal,” kata Ketua PC Fatayat NU Purworejo, Rr Nurul Komariah.

Menurutnya, selain menggelar kegiatan lomba tumpeng, ada dua kegiatan lain yang dilaksanakan oleh PC Fatayat NU Kabupaten Purworejo, yaitu tasyakuran dalam rangka harlah dan tasyakuran Khotmil Quran.

“Jadi kita selama ini selalu menyelenggarakan tadarus Al Quran dan saat ini sudah sampai putaran 144. Biasanya khatmil Qur’an kita laksanakan dengan cara online, namun saat ini dengan cara offline dibarengkan dengan harlah dan halal bihalal,” jelasnya.

Baca Juga:  Pesantren Hijau Jadi Titik Pijak NU Membangun Lingkungan

Disampaikan, dengan Harlah Fatayat NU ke-72 ini bisa menjadi refleksi bagi kader Fatayat NU untuk bangkit bersama dan berdaya bersama. Dan itu kemudian yang menjadi tema dari Pimpinan Pusat Fatayat NU yang kemudian dibreakdown sampai ranting.

“Jadi ini bisa menjadi energi juga buat Fatayat NU ke depan agar lebih menjadi geliat, lebih banyak rantingnya karena masih banyak desa dan kelurahan yang belum terbentuk,” ungkapnya.

Dikemukakan untuk Kabupaten Purworejo kepengurusan ranting ada sekitar 350-an, di desa dan kelurahan se-kabupaten. Tapi masih ada 146 desa dan kelurahan yang belum dan ini menjadi pekerjaan ke depan. Apalagi Konfercab Fatayat NU akan dilaksanakan akhir tahun ini.

Baca Juga:  KPI Larang TV Undang Dai Ormas Terlarang, MUI Mendukung

Untuk keanggotaan, lanjutnya, di Kabupaten Purworejo sangat banyak, meskipun secara kepengurusan di tingkat desa hanya berkisar 25 orang.

Pada puncak harlah, hadir memberikan tausiyah Hj Azizah Mutohar dari Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo. Dan turut hadir pada kegiatan itu Ketua PCNU Purworejo, H Farid Solihin, perwakilan Muslimat NU, IPNU-IPPNU dan Fatayat NU.

(Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA