Search

Merayu Trenggalek Fashion Day 2022, Momentum UMKM Naik Kelas

pengunjung belajar mencanting batik tulis pada pagelaran Merayu Trenggalek Fashion Day 2022

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menggelar Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 pada 20-21 Mei, di Museum Tekstil Jakarta.

Kegiatan tersebut digelar untuk mendongkrak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sekaligus upaya mengenalkan pesona Trenggalek sebagai kearifan lokal Jawa Timur.

“Saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan dan insan UMKM, untuk memanfaatkan sekaligus menjadikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 sebagai momentum kebangkitan perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad dalam keterangannya, Jumat.

Novita berharap acara Fashion Show Trenggalek yang kali pertama diselenggarakan di Jakarta bisa membantu pelaku dan produk UMKM Trenggalek naik kelas, dan bersaing di tingkat nasional. Terlebih acara Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 lebih menonjolkan kearifan lokal Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga:  Erick Thohir Optimistis Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 Akan Beri Manfaat Luas dan Bangun Ekonomi Baru

Istri dari Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin melanjutkan, masyarakat tak hanya disajikan eksibisi melainkan juga talkshow seputar dunia UMKM, workshop di mana pengunjung bisa belajar cara mencanting kain batik, langsung dari para pengrajin kain batik Trenggalek.

Dalam kesempatan yang sama, founder UPRINTIS Indonesia ini menegaskan perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital jadi detak jantung bisnis UMKM untuk tetap eksis di masa pandemi atau setelahnya.

Diharapkan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 jadi momentum kebangkitan UMKM dan produk lokal agar berjaya di tengah gempuran produk asing.

“Tidak dapat dipungkiri, pasar saat ini masih dikuasai dan dibanjiri oleh produk asing sehingga Merayu Trenggalek Fashion Day 2022, seyogianya menjadi momentum kebangkitkan UMKM Trenggalek, UMKM Indonesia agar berjaya dan menjadi raja di negeri sendiri dan mancanegara,” tutupnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA