Search

Sandiaga Uno Ajak Pemudik Belanja Produk UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik Lebaran 2022 untuk ikut berbelanja produk kreatif lokal. Sebab, menurut dia, ada potensi pendapat ekonomi lokal yang bisa mencapai Rp 72 triliun secara nasional.

“Jangan hanya mudik dan ‘rohali’ atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi ‘rojali’ rombongan yang jadi beli,” kata Sandiaga dalam keterangannya, pada Kamis.

Sandiaga menjelaskan tahun ini pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik setelah 2 tahun tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19. Pemerintah memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur Lebaran 2022 akan mencapai Rp 72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur Lebaran tahun ini cukup panjang.

Baca Juga:  BPJPH Dorong UMKM Kantongi Sertifikat Halal

Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik,” kata Sandiaga seperti yang dilansir dari tempo.co.

Meski begitu, Sandiaga mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur Lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk. “Menaikkan harga itu pantas, tapi harus yang wajar. Karena kalau ‘getok harga’ orang akan kapok,” kata dia.

Sandiaga membagi kiat bahwa para usahawan yang sukses lebih baik mendapat untung lebih sedikit tapi keuntungan memanjang. “Kalau untungnya besar tapi hanya di satu kali Lebaran, mereka akan dirugikan. Itu pesan saya kepada pelaku usaha dan UMKM di daerah,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Ramu Beragam Kebijakan Dukung Permodalan UMKM

Pemerintah telah menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran mulai 29 April hingga 6 Mei 2022. Pada momentum mudik Lebaran, diperkirakan ada mobilitas dari 85 juta pemudik.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA