Search

PWNU Jatim Sukseskan Program Vaksinasi Serentak di Seluruh Indonesia

Majalahaula.id- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar vaksinasi serentak yang dilaksanakan di Gedung PWNU Jatim Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 19 Gayungsari Surabaya. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis 21 April 2022 dengan bekerjasama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Polri serta Kementerian Agama (Kemenag).

Sebelum vaksinasi dimulai, ratusan warga mendatangi PWNU Jatim guna mengikuti vaksinasi yang diadakan serentak oleh PBNU, Polri serta Kemenag. Vaksinasi serentak ini sengaja digelar sebelum Hari Raya Idul Fitri guna mengantipasi berbagai hal yang terjadi selama mudik berlangsung. Sebab, di tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk bisa mudik ke kampung halaman.

Pemerintah memberikan syarat wajib mudik terkait kondisi Covid-19. Di Antaranya, warga yang sudah menerima booster tidak perlu melampirkan hasil negatif Covid-19 saat akan mengakses transportasi umum pada saat mudik lebaran yang akan terjadi dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Gus Salam Ungkap 3 Tantangan RMINU Jatim

Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar menyampaikan terdapat 2.350 peserta hadir untuk mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh PWNU Jatim. Peserta tersebut berasal dari masyarakat sekitar, di antaranya warga Gayungan sebanyak 500 orang, dari Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Penyuluh, Takmir masjid, dan Mudin. Selain itu juga ada 500 peserta dari Kecamatan Jambangan ditambah lagi dengan berbagai warga sekitar. Sehingga total keseluruhan yakni 1.350 orang.

Kiai Marzuki mengatakan PWNU Jatim terus mendukung program Polri dan Kemenag untuk kemaslahan umat. Termasuk pelaksanaan vaksinasi kali ini, Jawa Timur menjadi barometernya.

“Kalo Jawa Timur oke untuk program nasional, biasanya provinsi lain makmuman lillahi ta’allah. Jawa Timur aman yang lain aman, pokoknya tidak boleh kisruh, saya kira demikian,” tutur Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Gasek, Malang tersebut.

Baca Juga:  Muslimat NU di Bali Meriahkan Kemerdekaan dengan Aneka Lomba

Sementara, Kapolda Jatim, Nico Afinta mengatakan target vaksinasi untuk Jawa Timur sendiri yakni 130 ribu, dan untuk peserta sendiri datang dari seluruh Jawa Timur yang terdiri dari 38 kota yakni Malang, Pasuruan, Bangkalan, Surabaya dan masih banyak lainnya.

“Diharapkan dengan program vaskinasi serentak di seluruh Indonesia ini kebahagiaan ketika mudik lebaran tidak sampai melupakan diri dari berbgai resiko yang sangat riska,” ungkapnya. *Icha Amalia

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA