Search

Labfor Polda Jatim Analisis Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya

Tim Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan investigasi pada peristiwa kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 Surabaya pada Rabu (13/2022). Tujuh jam melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), tim mengumpulkan barang bukti untuk dianalisa untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Kepala Bidang Labfor Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Shodiq Pratomo mengatakan, berdasarkan olah TKP, kebakaran terjadi di Lantai 4, 5, 10, dan Lantai 11 TP5. “Kemudian kita telusuri dan kita temukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10,” katanya di Gedung Labfor Polda Jatim di Surabaya, Kamis kemarin malam.

Dia menambahkan, titik awal api diduga muncul di plafon di teras bioskop di Lantai 10. Dari situ api kemudian merambat ke lantai yang lain. Shodiq belum bisa memastikan apa penyebab munculnya api. Kepastian itu baru bisa diketahui dari hasil analisis yang dilakukan tim dari barang bukti yang dikumpulkan.

Baca Juga:  Petugas Haji Diminta Perkuat Kolaborasi dan Bangun Kepedulian

“Mudah-mudahan tiga sampau empat hari ke depan bisa menyampaikan [hasil analisis Labfor Polda Jatim]. [Yang jelas titik api] Dari luar gedung bioskop di luar teras. Barang bukti yang kami bawa itu sisa abu kebakaran, kemudian ada kabel dan ada bekas lampu,” tandas Shodiq.

Di bagian lain, Manajemen Tunjungan Plaza memastikan bahwa pusat perbelanjaan yang ada di sepanjang Jalan Embong Malang Surabaya itu tetap buka seperti biasa. Kecuali TP5 yang terbakar, TP1, 2, 3, 4, dan TP6 tetap buka. “Tunjungan Plaza buka seperti biasa,” kata Direktur Marketing Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi, kepada wartawan.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda pusat perbelanjaan yang ada di pusat Kota Surabaya, Jawa Timur, yakni Tunjungan Plaza 5, pada Rabu petang, 13 April 2022. Kendati cukup besar, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut dan ada atau tidaknya korban dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga:  Innalillahi, Doni Monardo Meninggal Dunia

Berdasarkan video yang tersebar di jejaring grup WhatsApp, api mulanya berkobar di bagian atas tepat di samping gedung SOGO. Tak lama kemudian, dari bagian luar gedung, api menjalar cepat ke bawah, mengikuti guguran material yang hangus dilalap api. Berdasarkan video yang peroleh dari warga bernama Budi Mulyono, dari kejauhan asap hitam membubung dari TP5.

“TP5 kebakaran,” ujar Budi. NF

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA