Search

Bawaslu di Sulsel Gelar Kerja Sama dengan Madrasah NU

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar sosialisasi di Aula SMA Negeri 4 setempat, Senin (21/03/2022 ). Dalam kegiatan ini turut serta Humas MA Ma’arif NU Lasepang, Staf TU, dan dua orang pengurus Osis MA Ma’arif NU Lasepang.

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu bermaksud memberikan pendidikan politik, demokrasi serta kepemiluan dan kelembagaan Bawaslu kepada pemilih pemula khususnya pelajar. Sehingga kegiatan dikemas dengan tajuk Bawaslu Go to School.

Selain memberikan sosialisasi, Bawaslu juga melaksanakan Memorandum of Understanding ( MoU ) atau nota kesepakatan pengawasan partisipatif pemilih pemula bersama madrasah atau sekolah yang mereka undang, tidak terkecuali MA Ma’arif NU Lasepang.

Baca Juga:  Gubernur Shalat Id di Simpanglima - Wali Kota di Halaman Balai Kota

“Kegiatan ini adalah langkah awal untuk memberikan sosialisasi terkait demokrasi yang bermartabat kepada para pelajar. Namun nantinya setelah melaksanakan MoU tentu pihaknya akan lebih luwes dalam melaksanakan kegiatan serupa,” kata Muhammad Saleh selaku Ketua Bawaslu Lasepang.

Muhammad Saleh pun memberikan harapan dengan kegiatan ini dapat mencerahkan kepada pelajar. Agar nantinya ketika Pemilu 2024 dapat menentukan pilihannya secara terhormat.

Sitti Zuhraeni selaku kepala MA Ma’arif NU Lasepang memberikan apresiasi kepada Bawaslu karena telah menyelenggarakan kegiatan positif ini. Menurutnya peserta didik memang harus lebih awal dibekali dengan pendidikan politik dan demokrasi.

“Apalagi negara kita adalah negara demokrasi. Tentu akan sangat bermanfaat bagi peserta didik nantinya,” katanya.

Baca Juga:  Ansor Balikpapan Minta Pengrusak Mangrove Ditindak

Ia menjelaskan madrasahnya akan selalu terbuka untuk Bawaslu dalam memberikan kegiatan yang sama, tentu sesuai prosedur yang jelas dan tepat. Apalagi telah ditanda tangani kerja sama.

Yayat Maulana selaku Ketua OSIS dan Rasti Angraeni sslaku Sekretaris berencana melaksanakan hal serupa untuk teman-temanya.

“Insyaallah kita akan kerja sama dengan Bawaslu jika ada kegiatan Matsama, LDK, dan kegiatan sejenisnya di madrasah ” kata Yayat. (Full)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA