Search

Muslimat dan Fatayat NU di Sulawesi Selatan Bagikan Makanan

Cara berbeda dilakukan Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Yang dilakukan dalam rangka kian dekat dengan masyarakat adalah dengan membagikan makanan di sejumlah tempat di Makale, Tana Toraja, Kamis (17/03/2022).

Pembagian sedekah tersebut dilakukan di pinggir jalan. Beberapa lokasi keramaian juga disasar yakni di Terminal Makale, pasar, pangkalan ojek, dan sejumlah pedagang kaki lima. Agenda ini digelar serangkaian dengan pelaksanaan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di gedung madrasah tsanawiyah, Kamali, Makale.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Toraja, Rosmawati mengatakan bahwa berbagi sedekah merupakan agenda sosial Muslimat dan Fatayat NU dalam rangka silaturahim untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Agenda diharapkan menjadi kegiatan rutin, bukan saja di saat adanya momen keagamaan seperti Isra’ Mi’raj.

Baca Juga:  Rangkul Tokoh NU di Jatim, Menkes RI Ingin Masyarakat Tidak Ragu Ikut Vaksinasi

“Agama mengajarkan kita untuk berbagi sebagai bagian dari mempererat hubungan antarsesama dan yang terpenting adalah peningkatan amal jariyah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tana Toraja, Achmad Toago dalam pesan Isra’ Mi’raj mengatakan bahwa acara ini tidak hanya berbatas pada peningkatan ibadah dan ketakwaan kepada pencipta. Namun, pada dasarnya seluruh umat Islam harus meneladani Rasulullah SAW, baik pada konsistensi takwa berupa shalat lima waktu maupun pada peningkatan ukhuwah islamiyah.

“Di Toraja ini, bagaimana Aswaja berkembang. NU dalam rangkaian sosial keagamaan selalu rutin melakukan pengajian dan tahlilan di rumah keluarga yang sedang berduka,” ujarnya.

Dia juga mengaku salut dengan toleransi dan keberagaman yang ada khususnya di Toraja. Di mana perbedaan kepercayaan di masyarakat Toraja tak menghalangi eratnya hubungan sosial. Menurutnya, hal inilah yang harus terus ditingkatkan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA